Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Berminyak

DokterSehat.Com – Selain rambut yang kering, kita juga beresiko mendapatkan masalah berupa rambut berminyak. Bagi kaum hawa sendiri, rambut yang berminyak bisa menjadi masalah yang sangat menyebalkan karena akan cenderung sulit diatur dan membuat penampilan menjadi tidak maksimal. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah rambut berminyak?

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Banyak orang yang berpikir jika dengan mencuci rambut secara rutin, maka kita pun akan menjaga rambut kita tetap sehat dan terhindari dari berbagai masalah. Sayangnya, setiap orang memiliki karakter rambut yang berbeda-beda sehingga harus mendapatkan perawatan yang berbeda-beda pula, termasuk diantaranya adalah dalam frekuensi mencuci rambut. Tahukah anda, masalah rambut berminyak yang dialami banyak orang kerap kali disebabkan oleh seringnya kita melakukan keramas, khususnya yang melakukannya setiap kali mandi. Cobalah untuk mengurangi frekuensi keramas, setidaknya dua kali sehari sehingga produksi minyak pada kulit kepala pun akan lebih berkurang. Selain itu, pilihan bahan shampoo juga bisa menurunkan produksi minyak pada kulit kepala. Shampoo dengan bahan lemon atau jeruk nipis bisa menjadi pilihan yang menarik.

Rambut yang berminyak ternyata kurang cocok jika diberi kondisioner. Padahal, ada beberapa produk shampoo yang sudah meliputi kondisioner sehingga kondisi rambut berminyak kita pun akan menjadi semakin parah. Pakailah shampoo biasa atau bahkan pilihlah dry shampoo saja dan alih-alih menggunakan kondisioner, kita bisa memakai perasan air lemon yang dioleskan pada keseluruhan rambut. Setelah didiamkan beberapa saat, bilaslah rambut dengan bersih. Tips ini bisa dilakukan beberapa kali dan produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala akan segera berkurang.

Jika kita memiliki tissue basah, kita bisa menggunakan tissue ini untuk “menyerap” kandungan minyak berlebihan pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, cobalah untuk menyemprotkan sedikit parfum pada rambut karena kandungan alkohol pada parfum diyakini membuat kandungan minyak pada rambut sedikit berkurang dan tampilan rambut anda pun akan menjadi lebih baik.