Cara Menurunkan Berat Badan di Gym

doktersehat-gym-fitness-olahraga

DokterSehat.Com– Menurunkan berat badan bisa jadi adalah proses yang sulit, namun teorinya sebenarnya sangat sederhana. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus membakar kalori melebihi apa yang Anda konsumsi. Dengan berolahraga di gym secara teratur, Anda dapat melakukan hal ini, dan menurunkan berat  badan dalam waktu singkat. Namun, mengkonsumsi makanan sehat yang memulihkan sistem tubuh Anda yang membutuhkan nutrisi dan mineral juga penting, sepenting jadwal latihan Anda yang intens.

Instruksi

  1. Diskusikan rencana penurunan berat badan Anda dengan dokter. Seorang dokter dapat membantu Anda merencanakan seberapa banyak Anda harus turunkan berat badan per minggu dan tujuan berat yang harus Anda capai dalam periode waktu tertentu.
  2. Mulailah sesi latihan Anda di gym dengan melakukan latihan kardio, dalam bentuk kegiatan aerobik, agar penurunan berat badan lebih cepat. Kegiatan aerobik membantu menghilangkan energi dan merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori. Contohnya, Anda dapat membakar 300 kalori dalam waktu 20 menit dengan melakukan kegiatan kardio dengan intensitas tinggi di gym.
  3. Lakukan treadmill dalam sesi kardio Anda. Treadmill membantu Anda menggerakkan tubuh bagian atas dan bawah selama berolahraga. Hal ini membantu membakar kalori sekaligus lemak. Anda juga dapat memvariasikan olahraga kardio Anda dengan treadmill yang memiliki banyak fitur. Contohnya, Anda dapat memonitor kalori yang Anda bakar sekaligus mengatur tingkat kemiringan untuk mempercepat penurunan berat badan.
  4. Gunakan mesin dayung atau sepeda statis. Mesin dayung didesain untuk menggerakkan seluruh tubuh. Anda dapat membakar lemak dengan menggunakannya untuk berolahraga dalam waktu hanya 20 menit per hari. Sepeda statis juga membantu membakar lemak dan mempercepat metabolisme.
  5. Gabungkan kegiatan kardio dengan sesi latihan beban. Menurut BBC, melakukan aktivitas ini secara bersamaan dapat membakar lemak dan membangun otot secara bersamaan, dan membantu membakar lemak.
  6. Buat kegiatan ke gym menjadi kebiasaan. Berat badan Anda tidak akan turun apabila Anda terus bolos berolahraga. Pergilah ke gym secara teratur agar tubuh dan pikiran Anda terbiasa berolahraga. Hal ini akan menurunkan berat badan Anda lebih cepat dibandingkan hanya olahraga sesekali dan sering bolos.

Tips dan Peringatan

  • Makan makanan sehat untuk membantu mengisi nutrisi Anda sepanjang latihan.
  • Latih bagian otot yang berbeda secara bergantian untuk mencegah cedera dan kerusakan jaringan otot.