Cara Menjaga Mata dari Polusi

DokterSehat.com – Mata adalah salah satu panca indra yang paling penting untuk dijaga. Jika kita memiliki mata yang sehat kita dapat melakukan kegiatan dengan lancar dan juga bisa tampil lebih percaya diri. Mata juga sangat sensitif terhadap kondisi di lingkungan sekitar kita. Bagian yang menjadi organ mata akan sangat mudah rusak akibat terkena polusi lingkungan. Baik polusi yang berupa air, udara ataupun zat kimiawi.
Khususnya di kota – kota besar seperti di Jakarta tingkat polusi cukup tinggi. Yang disebabkan oleh banyaknya pabrik-pabrik, banyaknya asap kendaraan bermotor, kurangnya tanaman hijau, dan lain sebagainya. Hal inilah yang dapat menganggu kesehatan kita seperti gangguan pernapasan dan khususnya dapat menjadi gangguan kesehatan mata, tenggorokan, bahkan organ dalam seperti jantung, paru-paru, dan lambung. Nah beberapa tindakan penting yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mata dari polusi sebagai berikut:

18

– Menggunakan Helm Saat Berkendara
Dengan menggunakan helm bagi pengendara motor berguna untuk melindungi wajah, kepala, dan mata dari kotoran dan juga partikel debu lainnya.Selain itu helm juga menghindari kontak langsung matahari dengan mata kita.

– Menggunakan Kacamata
Kacamata tujuannya untuk melindungi mata kita dari sinar matahari, polusi seperti debu, tekanan angin yang berlebihan, dan kotoran lain penyebab kerusakan mata. Namun, jangan asal dalam menggunkan kacamata. Diluar sana banyak sekalil yang menjual kacamata imitasi yang dapat merusak mata kita jika kita memakainya dalam jangka yang cukup lama.

– Pilihlah Tempat Tinggal di Pedesaan
Jika Anda berniat mendirikan rumah, sebaiknya memilih dilokasi yang masih banyak tumbuhan hijau disekitarnya. Di pedesaan masih banyak sekali ditemui tumbuhan hijau, ini bisa menjadi solusi buat Anda, karena di daerah minim sekali adanya polusi sehingga aman bagi kesehatan mata kita.