Cara Menjaga Kulit Cantik Dan Sehat Saat Berpuasa

DokterSehat.Com – Menjalankan ibadah puasa bukan berarti kulit menjadi kusam tak terawat. Puasa secara tidak langsung merubah pola konsumsi makan. Kalau tidak diatur dengan baik dan benar justru menjadikan berat badan bertambah. Pola makan yang berubah saat menjalankan ibadah puasa tentu saja akan mempengaruhi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu ada baiknya memperhatikan menu-menu sehat saat sahur dan berbuka.



Berikut langkah-langkah tepat untuk mendapatkan kulit sehat saat berpuasa :

  • Waktu sahur, perbanyak minum air putih
    Konsumsi air yang cukup dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Sehabis mandi langsung gunakan body lotion
    Saat membersihkan tubuh dengan air dan sabun, kelembaban kulit kita pasti akan terkikis. Gunakan body lotion untuk menggantikan kelembapan alami tubuh yang hilang. Body lotion juga mampu memaksimalkan fungsi kolagen karena berperan seperti spon yang menyerap kadar air lalu menahannya.

    Rangkaian Vaseline Total Moisture (Aloe Fresh, Nourishing, Cocoa Glow & Complete Care) memperbaiki kulit kering pada kulit Anda. Body lotion ini akan memberikan kelembapan hingga 24 jam dengan tekstur yang ringan dan tidak lengket.

  • Double protection saat keluar rumah
    Selama Ramadhan biasanya siang hari akan terasa lebih terik dibanding hari biasa. Sebelum keluar ruangan jaga kulit Anda dari bahaya sinar matahari yang bisa menyebabkan penuaan dini.  Jadi untuk menjaga kulit gunakan sunscreen dengan kadar SPF yang cukup.

    Rangkaian Vaseline SPF (Vaseline Healthy Sun Block, Vaseline Healthy White SPF 24, Vaseline SPF 30 Body Serum) yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari UVA & UVB. Formulanya ringan untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan cocok digunakan setelah berwudhu.

  • Jaga kelembapan bibir
    Saat bibir mengering jangan menjilatnya karena saliva cepat mengering dan menyapu selaput tipis yang melindungi bibir. Sebaiknya bawa selalu lip balm dan untuk menghindari bibir kering saat berpuasa.
  • Waktunya berolahraga
    Jika Anda ingin berolahraga, inilah saat yang tepat karena keringat yang keluar akan langsung diganti saat berbuka. Pilih olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh, seperti jogging, bersepeda, atau berjalan-jalan keliling taman sambil melihat pemandangan sore.
  • Pilih menu tepat saat berbuka
    Berbukalah dengan cukup air minum untuk mengembalikan kondisi cairan yang hilang seharian. Hindari makanan yang asin karena akan membuat Anda merasa kehausan dan hindari juga makanan berlemak yang akan menumpuk saat tidur. Perbanyak makanan berserat dan bervitamin saja ya.
  • Bersihkan tubuh
    Usahakan tidak mandi dengan air yang terlalu panas. Mandi dengan air panas akan menghilangkan kandungan lemak alami kulit dan membuat kulit terasa lebih kering.
  • Saatnya perawatan kulit
    Ternyata, malam hari adalah waktu paling tepat untuk merawat kulit. Pada malam hari kulit melakukan regenerasinya dengan maksimal. Apalagi bagi Anda yang berusia lanjut, kulit akan lebih cepat kering. Sebelum tidur, biasakan menggunakan body lotion, dan rasakan bedanya ketika Anda bangun esok paginya. Kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal.
  • Istirahat yang cukup
    Berikan waktu tidur yang cukup. Anda memang harus melaksanakan shalat Tarawih di malam hari, namun paling lambat jam 9 shalat Tarawih sudah usai dan segeralah beristirahat, karena esok pagi jam 3 Anda juga sudah harus bangun untuk menyiapkan makan sahur.

Ulangi siklus perawatan kulit tersebut selama bulan puasa. Jangan biarkan kulit ikut puasa saat Anda berpuasa ya, Ladies.