Cara Menjaga Kesuburan Pada Wanita

DokterSehat.Com – Usia merupakan faktor penting bila akan membahas mengenai kehamilan, terutama bagi wanita, namun ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga ferilitas Anda.

13

Berikut cara menjaga kesuburan pada wanita :

  • Hindari radiasi dan bahan kimia berbahaya
    Terekspos radiasi dan beberapa bahan kimia seperti glycol ester yang ditemukan dalam tanaman dapat merusak kesburan.
  • Cobalah untuk mendinginkan testis anda
    Testis seorang pria harusnya 1 atau 2 derajat lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, hindari celana dalam yang terlalu ketat dan mandi dengan air panas sebab dapat menaikkan suhu testis Anda.
  • Hindari alkohol
    Pria yang mengkonsumsi alkohol 3 – 4 gelas dalam sehari dapat merusak sperma mereka. Wanita juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol sewaktu ingin hamil untuk menghindari rusaknya pertumbuhan janin.
  • Hindari rokok
    Wanita yang merokok 20 batang sehari dapat mengalami peristiwa menopause 2 tahun lebih cepat  dibandingkan wanita pada normalnya. Lelaki yang merokok juga memiliki risiko rusaknya sperma.
  • Hindari PMS (penyakit menural seksual)
    Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil.
  • Usia dan fertilitas
    Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun.
Baca Juga:  5 Gejala Penyakit Serius Pada Anak Yang Tidak Boleh Diremehkan

Dan ingat, bila Anda dan pasangan sudah 1 tahun atau lebih mencoba memiliki anak dengan secara teratur berhubungan intim tanpa perlindungan namun tetap sulit memiliki anak, harap segera melakukan pemeriksaan ke dokter Anda.