Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Masalah Serangan Jantung atau Stroke

DokterSehat.Com – Serangan jantung atau stroke telah dikenal luas sebagai pembunuh manusia yang sangat mengerikan. Tercatat, jumlah orang yang meninggal karena terkena stroke atau serangan jantung sangatlah tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tahukah anda? Kementerian Kesehatan Indonesia bahkan menyebutkan jika lebih dari 21 persen kematian di tanah air disebabkan oleh stroke dan 19 persen kematian disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kita tentu harus pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena penyakit yang mengerikan ini.

doktersehat-kolesterol

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mencegah serangan jantung atau stroke adalah dengan sering-sering mengecek kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol darah yang jahat atau low-density lipoprotein (LDL) harus dicek kadarnya karena jika kadarnya ditemukan sangat berlebihan, maka pembuluh darah pun beresiko mendapatkan plak dan penyumbatan yang bisa menyebabkan stroke atau jantung kapan saja. Pemeriksaan pada dokter, klinik, atau bahkan apotik yang menyediakan tes kolesterol bisa anda lakukan dengan mudah dan pastikan bahwa kolesterol darah yang normal biasanya sekitar 160 hingga 200 mg/dl.

Serangan jantung atau stroke kerap kali disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat. Makanan-makanan yang terasa enak namun kaya dengan lemak trans akan secara efektif meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya ini. Selain itu, makanan yang kaya akan sodium juga bisa secara efektif meningkatkan tekanan darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah mengalami masalah. Selain itu, kandungan gula yang berlebihan juga bisa memicu lonjakan insulin yang akan membuat tubuh banyak memproduksi lemak dan trigliserida yang menjadi penyebab utama serangan jantung atau stroke.

Kita harus mulai menerapkan pola makan yang sehat dan rajin-rajin berolahraga untuk mencegah stroke atau penyakit jantung. Selain buah-buahan dan sayuran yang bisa memberikan asupan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh, kita juga bisa menambah asupan kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, asam lemak omega-3 yang banyak tersedia pada ikan juga akan sangat baik dalam membuat tekanan darah menurun dan resiko pembekuan darah yang bisa memicu masalah stroke atau serangan jantung. Cobalah juga untuk mulai rutin berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari sehingga tingkat HDL meningkat dan membuat resiko terkena penyakit jantung atau stroke menurun dengan signifikan.