Cara Menjaga Kesehatan Saat Trimester Pertama

DokterSehat.Com – Berada di awal masa kehamilan memang sangat menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan, sebab pada momen awal ini janin masih sangat sensitif. Kehamilan pada minggu-minggu awal memang sangat rawan, jika tidak hati-hati, akibat paling parah yang bisa muncul adalah gugurnya janin. Sebagai seorang ibu, tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu penting untuk menjaga kehamilan extra hati-hati.

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Cara menjaga kesehatan saat trimester pertama:

  1. Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter atau ke bidan, untuk mengetahui perkembangan kehamilan Anda.
  2. Pada trimester pertama merupakan masa perkembangan otak janin, maka dari itu hendaklah ibu hamil makan makanan bergizi yang berguna bagi perkembangan otak janin. Makanan yang baik untuk perkembangan otak janin adalah makanan yang banyak mengandung asam folat, diantaranya hati, sayur bayam, kembang kol, brokoli, alpukat, wortel, tomat, asparagus, bit merah, dan berbagai jenis kacang-kacangan.
  3. Hindari aktivitas yang terlalu berat ketika hamil, karena dapat menimbulkan kecapekan terutama bagi ibu hamil yang memiliki riwayat anemia.
  4. Jagalah kesehatan jasmani Anda ketika hamil dengan melakukan olahraga senam ringan, untuk memperoleh gerakan senam yang benar, ibu hamil dianjurkan untuk ikut kelas atau kursus senam hamil yang diadakan oleh rumah sakit bersalin.
  5. Janganlah melakukan gerakan-gerakan yang membahayakan seperti gerakan menghentak, lompatan dan loncatan. Karena trimester pertama merupakan masa kehamilan yang rawan keguguran.
  6. Pada trimester pertama, ada beberapa ibu hamil yang mengalami kram perut atau rasa sakit seperti ditusuk yang timbul sebentar dan tidak menetap. Hal ini lumrah terjadi, karena pada trimester pertama, di dalam perut terjadi pertumbuhan dan pembesaran rahim yang menyebabkan otot dan ligamen meregang, dan inilah yang menyebabkan rasa sakit. Yang perlu dilakukan ibu hamil ketika terjadi kram perut adalah merilekskan badan dengan berbaring di tempat tidur, hubungi dokter apabila kram perut tidak kunjung mereda.
  7. Selama trimester pertama banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, untuk itu hindarilah makanan yang memiliki bau menyengat yang dapat menyebabkan Anda mual dan muntah. Minumlah air hangat di pagi hari, karena air hangat dapat memberikan rasa nyaman pada perut. Bila Anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan dan mengganggu aktivitas Anda, segeralah hubungi dokter dan mintalah obat anti mual untuk mengurangi gangguan mual-mual pada Anda.
  8. Pada trimester pertama biasanya terjadi peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan terkumpulnya gas dalam saluran pencernaan sehingga perut menjadi kembung. Untuk mengatasi perut kembung saat hamil, hendaknya ibu hamil makan dalam porsi kecil tetapi sering.
  9. Sering buang air merupakan gejala normal di awal trimester pertama, hal tersebut dikarenakan berkurangnya kapasitas kandung kemih karena terdesak rahim. Atasi gejala tersebut dengan tidak menunda buang air kecil.
  10. Tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk bertukar pengalaman dengan sesama ibu hamil yang lain, hal tersebut berguna untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kehamilan.