Cara Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Gadget atau Monitor

DokterSehat.Com – Kemajuan teknologi membuat banyak sekali kegiatan manusia yang bergantung dengan perangkat gadget atau perangkat komputer. Banyak sekali masyarakat urban yang bekerja seharian di depan layar komputer. Sementara itu, banyak anak muda yang memakai ponsel dan gadget untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, komunikasi, hingga hiburan setiap hari. Kita tentu akan terbiasa untuk melihat layar monitor dan gadget seharian sehingga mata kita akan terpapar cahaya yang sangat terang dan bisa jadi mempengaruhi kesehatan mata. Apakah ada cara untuk menjaga kesehatan mata dari seringnya kita menatap layar gadget atau layar monitor?

3502409281_0a2c26b1d8_b

Banyak pekerja kantoran yang mengeluhkan matanya mengalami penurunan penglihatan setelah bekerja selama beberapa tahun. Hal ini biasanya terjadi karena mata dipaksa untuk menatap layar monitor sangat lama dan bahkan terkadang tanpa kita sadari mata tidak berkedip untuk waktu yang lama sehingga mata pun menjadi lebih kering dan mudah terkena iritasi. Jika anda adalah orang yang sering menatap layar komputer, cobalah untuk memberikan waktu untuk melatih mata setidaknya 20 menit sekali saat anda menatap layar monitor. Cobalah untuk melakukan peregangan atau pengedipan pada mata sehingga mata tidak akan mudah kering dan iritasi. Selain itu, cobalah untuk memberikan jarak yang cukup diantara layar monitor atau gadget dengan mata anda. Jika kita menatap layar komputer, ada baiknya kita mengatur jarak monitor dengan mata setidaknya 50 cm sehingga mata pun akan lebih aman dari paparan radiasi dan cahaya monitor. Hal yang sama berlaku pada layar gadget atau ponsel dimana kita sebaiknya memberikan jarak dan memperbesar ukuran font gadget agar kita bisa memandangnya lebih jauh dan lebih nyaman.

Baca Juga:  Pria yang Suka Touring Bersepeda Motor Beresiko Mengalami Masalah Kesuburan

Selain menambah font huruf dan memberi jarak yang cukup saat memakai gadget, ada baiknya kita juga mengurangi kekuatan cahaya dari layar gadget sehingga kita tidak memandang cahaya yang terlalu silau. Hal yang sama bisa kita lakukan pada layar komputer. Satu hal yang pasti, gunakan cahaya yang cukup bagi mata anda. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap karena bisa membuat mata anda tidak mudah lelah saat menggunakan layar komputer atau gadget.

Gunakan gadget atau komputer dengan penerangan yang lebih baik. Memang, layar komputer dan gadget sudah cukup terang bagi mata kita. Namun, ruangan yang cenderung lebih terang akan membantu mata kita menjadi tidak mudah lelah dan tidak teralu bekerja keras saat memandang layar. Ruangan yang lebih terang secara efektif akan membantu kesehatan mata lebih baik meskipun sering dipakai untuk memakai gadget atau layar monitor komputer.