Cara Menjaga Kesehatan Hati

DokterSehat.Com – Slogan yang menyatakan dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, rupanya semakin sering saja disuarakan diberbagai kesempatan. Tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan rupaya semakin hari semakin menurun saja, untuk itulah kegiatan seperti kampanye kesehatan harus terus dilakukan. Masyarakat belum memahami betul manfaat dari tubuh yang sehat. Ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan dari memiliki tubuh yang sehat, dalam keadaan yang sehat, seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa terkendala keluhan penyakit apapun.

15

Mulai dari bersemangat bekerja mencari nafkah, berolahraga, berjumpa kawan lama dam masih banyak lagi. Namun bandingkan pada saat kondisi tubuh yang sedang menurun, segala macam kegiatan yang biasa dilakukan menjadi tidak bisa dilakukan apabila keadaan tubuh sedang sakit. Sungguh akan sangat membosankan, jika setiap hari harus terbaring diatas tempat tidur dan hanya bertemankan selimut, bantal serta jarum infus saja.

Seperti hal nya menjaga kesehatan hati, hal ini adalah hal penting yang harus senantiasa dijaga dan diperhatikan sebab hati adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh kita. Organ terbesar tubuh ini bekerja membuang racun dari dalam tubuh. Organ tubuh yang satu ini amat rentan dengan penyakit, baik karena disebabkan oleh racun maupun akibat virus.

Mungkin anda sudah mengenal berbagai macam penyakit hati seperti Hepatitis A, B, C hingga masalah kronis seperti kanker hati. Hal yang paling bahaya adalah ketika hati terjangkit sirois, masalah ketika kondisi ini menyerang seseorang, gelaja yang signifikan tidak ditampakan dengan jelas hingga dapat menjadi begitu parah dan tidak tertolong.

Untuk itulah, akan sangat meyeramkan jika beberapa keluhan diatas terjadi pada anda, untuk itu jagalah kesehatan hati sedapat mungkin. Hindari segala kemungkinan yang dapat merusak hati, seperti mengkonsumsi minuman keras, mengkonsumsi makanan terlalu asin dan obat-obatan kimia.

Baca Juga:  Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri Helicobacter Pylori

Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan hati :

  • Lakukan pemijatan
    Cobalah untuk berbaring terlentang diatas tempat tidur atau lantas dengan alas yang nyaman, kemudian pijat perlahan dengan lembut bagian hati dan kantung empedu anda yang terletak disepanjang tulang rusuk, agak ke bawah tepatnya di sisi kanan tubuh. Pijatan yang dilakukan disekitara daerah ini, akan membantu sirkulasi darah menuju hati bekerja lebih baik.
  • Konsumsi sayur
    Sayuran amat efektif untuk sebagai bahan aktif untuk detoksifikasi hati. Sayuran hijau seperti kubis, wortel, kale, bit dan lainnya, akan sangat baik membantu hati mengeluarkan racun serta zat berbahayanya dari dalam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya konsumsi sayuran untuk dijadikan menu makanan anda sehari-hari. Selain menyehatkan, konsumsi sayuran dalam jumlah banyak tidak akan membuat anda menjadi gemuk.
  • Cukupi kebutuhan mineral
    Mineral amat berperan penting dalam proses detoksifikasi hati. Untuk itu, cukupi kebutuhan mineral tubuh anda. Kandungan mineral tidak hanya terdapat pada air minum, sayuran dan makanan lain yang mengandung mineral juga anda perlukan. Mineral yang diperlukan hati untuk dapat melakukan detoksifikasi diantara magnesium, kalsium, sodium, selenium dan masih banyak lagi.
  • Jangan membebani hati
    Pekerjaan hati sudah begitu berat, untuk itu jangan membuat pekerjaan semakin terbenani dengan gaya hidup yang tidak teratur. Konsumsi alkohol serta konsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit akan semakin membebani kinerja hati menjadi lebih berat.