Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

DokterSehat.Com – Meskipun ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, ginjal seringkali kurang diperhatikan kesehatannya oleh kebanyakan orang. Sebagai contoh, kebanyakan orang masih tidak begitu menjaga konsumsi makanan dan minuman sehari-hari sehingga ginjal pun cenderung bekerja dengan lebih keras. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, ginjal lama-kelamaan akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan kerusakan yang tentu akan sangat membahayakan. Kita pun harus pandai-pandai menjaga kesehatan ginjal agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya seumur hidup kita dengan cara-cara sebagai berikut.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Rokok ternyata memiliki kaitan erat dengan kesehatan ginjal. Sebagaimana bagi kesehatan organ-organ tubuh lain, kandungan berbahaya dari rokok ternyata akan berpengaruh besar pada ginjal. Racun dari rokok akan membuat aliran darah menuju ginjal terhambat sehingga kinerja ginjal pun akan menurun dengan signifikan. Dengan adanya fakta ini, kita pun memiliki satu alasan lagi untuk berhenti merokok. Selain rokok, minuman beralkohol, minuman yang mengandung banyak gula atau soda juga sebaiknya mulai kita hindari untuk menjaga kesehatan ginjal.

Kebiasaan melakukan sarapan pagi selain bisa membuat tubuh kita mendapatkan energi yang cukup sepanjang hari ternyata juga bisa membuat ginjal tidak bekerja terlalu keras sehingga kesehatannya tetap terjaga. Jika kita adalah pekerja kantoran yang bekerja dengan posisi duduk dalam jangka waktu yang lama, kita juga harus mulai mengurangi waktu duduk atau setidaknya mulai sering memberi jeda dengan meregangkan badan atau membuat tubuh kita bergerak dan berjalan sebentar setidaknya sekali dalam beberapa jam sehingga ginjal pun akan terjaga kesehatannya.

Masalah pada ginjal ternyata juga berkaitan dengan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan ternyata berpengaruh besar pada kinerja ginjal. Banyak penelitian yang menunjukkan jika obesitas ternyata membuat ginjal bekerja lebih keras menyaring banyak toksin dalam darah dan karena mengikuti ritme metabolisme yang dipengaruhi oleh indeks massa tubuh yang semakin besar. Karena hal ini, kita pun harus mulai rutin berolahraga dan mendapatkan berat badan yang ideal sehingga ginjal pun akan bekerja dengan normal.