Cara Menjaga Kesehatan Anak Disekolah

Dokter Sehat – Anak tetap sehat dalam setiap kondisi memang tidak lah mudah, apalagi saat anak sedang disekolah. Untuk menjaganya tetap sehat, Anda bisa menerapkan beberapa perilaku sehat saat anak berada disekolah.
Salah satu tempat terbaik untuk anak-anak dengan mudahnya jatuh sakit adalah di sekolah, dengan menerapkan beberapa tips cerdas anak Anda akan tetap dapat sehat di sekolah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan baik bagi Anda, atau merapkannya pada pengasuh anak Anda :

5

1.Beri bekal minuman secukupnya
Seringkali anak tergoda membeli minuman disekolah terutama minuman sejenis sirup, atau minuman bersoda yang diberi zat pewarna, warnanya yang mencolok membuat anak tergiur. Berilah ia pengertian bahwa minuman seperti itu tidak sehat dan bisa membuatnya sakit. Karena itu, siapkan bekal sebotol minuman air mineral di dalam tasnya. Bila anak suka air sirup, katakan agar ia meminumnya di rumah sepulang sekolah. Membawakannya air sirup sebaiknya dihindari untuk mencegahnya kebanyakan mengosumsi gula.

2.Variasi makanan sangat penting
Kadang anak merasa bosan bila menu bikinan anda bentuknya itu-itu aja, tidak heran ia memilih membeli jajan. jadi daya kreatifitas bunda di tuntut lo, yakni untuk membuat makanan-makanan unik utnuk menarik perhatiannya.

3.Batasi memberikan unag saku
Dengan memberikan uang saku yang berlebihan, akan mendorong anak untuk konsumtif mereka akan merasa memiliki kemampuan untuk membeli apapun yang diinginkan, meskipun berbahaya bagi kesehatannya. Karena itu sebaiknya batasi uang saku, agar ia membeli hanya sesuai kebutuhannya saja.

4.Berikan vitamin secukupnya
Aktivitas anak yang padat seringkali membuat daya tahan tubuhnya menurun, apalagi setelah pulang sekolah, masih harus mengikuti serangkaian kursus atau ekstrakurikuler lainnya Karena itu sangat penting memberikan tambahan vitamin untuk memperkuat stamina tubuhnya.

Baca Juga:  Tips Menghentikan Anak Berbicara Kasar

5.Menjelaskan bahaya jajan sembarangan
Anak jaman sekarang sering kali tidak bisa menerima begitu saja larangan yang diberikan orang tuanya, karena itulah perlu memberikan penjelasan yang bisa dimengerti mereka mengapa dilarang membeli jajanan atau makanan sembarangan. Penjelsan sederhana, sebaiknya juga di beri gambaran atau contoh kongkrit, seperti banyaknya berita TV anak mengalami diare, maka anak akan memahami dan akhirnya mau menghindarinya.