Cara Menjaga Kehamilan Muda

DokterSehat.Com – Setiap pasangan tentu akan merasakan kebahagiaan yang mendalam saat mendapatkan kehamilan. Antusiasme mendapatkan keturunan bisa membuat pasangan, baik pria maupun wanita akan berusaha sebaik mungkin untuk memastikan bahwa anaknya bisa lahir dengan selamat dan tumbuh menjadi anak yang sehat. Untuk memastikan hal ini, saat ibu mengalami kehamilan di usia muda, maka kesehatan sang ibu hamil haruslah dijaga dengan baik. Padahal, masa kehamilan muda adalah fase yang cenderung membingungkan karena banyak sekali gejala alami yang bisa membuat pasangan merasa khawatir. Bagaimanakah cara terbaik untuk menjaga kehamilan di usia muda?

doktersehat-hamil-minum-kopi

Ibu hamil, khususnya ibu yang baru saja mengalami kehamilan pertamanya biasanya akan mengalami penyesuaian pada fisiknya karena akan ada banyak perubahan pada bentuk tubuh sekaligus hormonnya. Sebagai contoh, ibu hamil akan lebih mudah merasa mual-mual dan muntah, rasa nyeri pada payudara, seringnya rasa pusing, atau bahkan kesulitan buang air besar. Dalam beberapa kasus, ibu hamil bahkan kehilangan selera makan sama sekali yang tentu bisa membahayakan kehamilan karena janin di dalam tubuh tentu membutuhkan nutrisi untuk dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil haruslah tetap menjaga asupan nutrisi yang bergizi setiap hari, meskipun rasa mual sering melanda atau nafsu makannya menurun dengan drastis. Ibu hamil bisa mencoba untuk mengurangi porsinya namun mulai menambah frekuensi makannya sehingga jumlah nutrisi yang dikonsumsi pun tetap seimbang. Pastikan bahwa ibu hamil mendapatkan asupan protein dan zat besi yang cukup sehingga ibu pun tidak mudah lemas. Perbanyak makanan yang kaya serat dan kurangi makanan kurang sehat, khususnya yang digoreng. Selain itu, jangan pernah lupakan konsumsi air yang cukup dalam sehari.

Baca Juga:  Bolehkah Fast Food Dikonsumsi Ibu Hamil?

Kehamilan mudah seringkali memberikan resiko keguguran yang tentu bisa mengecewakan kedua belah pasangan. Untuk menghindari hal ini, ibu hamil dan suaminya harus menghentikan kebiasaan merokok atau mengkonsumsi alkohol. Selain itu, ibu hamil juga harus menjaga kondisi emosionalnya. Kadang kala ibu hamil akan merasa lebih mudah lelah, cemas, hingga khawatir karena Ia harus menjaga kandungannya hingga setidaknya masa persalinan tiba. Untuk mengatasi hal ini, peran pasangan pun sangat besar untuk mendengarkan atau setidaknya memberikan saran pada ibu hamil sehingga ibu hamil bisa merasa lega dan jauh lebih tenang. Dengan mood yang lebih baik, kesehatan kehamilan pun akan terjaga dengan baik. Yang terakhir, jangan pernah lupa untuk memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter kandungan karena dengan pemeriksaan inilah pasangan bisa mengetahui kondisi kehamilan dan mendapatkan saran terbaik untuk menjaga kesehatan kehamilannya.