Cara Menjaga Kebersihan Saat Menggunakan Toilet Umum

DokterSehat.Com – Toilet adalah salah satu bagian di dalam rumah yang terkenal memiliki banyak sekali kandungan bakteri. Untungnya, kita bisa melakukan banyak pencegahan dan sering melakukan pembersihan sehingga toilet di dalam rumah pun bisa kita jaga dalam keadaan yang bersih dan sehat. Pertanyaannya adalah, bagaimana jika kita harus menggunakan toilet umum mengingat hampir semua toilet umum tentu akan kurang terjamin kebersihannya. Apalagi jika toilet ini adalah yang terdapat di pasar atau di terminal yang biasanya bahkan cenderung sangat jorok.

6963931346_4553a96e4f_o

Toilet yang jorok tentu akan beresiko memiliki banyak sekali bakteri layaknya e.coli, salmonela, streptococcus, dan bakteri atau virus lainnya yang bisa memicu sakit pada pencernaan, kulit, atau bahkan membuat beberapa penyakit. Yang menjadi masalah adalah, kuman-kuman tersebut tidak hanya terbatas pada toiletnya saja. Beberapa area lain layaknya keran, pegangan pintu, atau bahkan dinding toilet juga beresiko memiliki kuman dan bakteri berbahaya tersebut yang tentu jika memasuki tubuh kita, kita akan mendapatkan banyak masalah kesehatan.

Andai kita terpaksa harus memakai toilet umum, kita sendiri bisa meminimalisir berpindahnya kuman dan bakteri toilet pada tubuh kita. Jika diperlukan, jangan gunakan beberapa barang layaknya tas, dompet, apalagi ponsel di dalam toilet karena barang-barang ini akan cenderung sering kita pakai di berbagai tempat. Selain itu, cobalah untuk menyiram toilet terlebih dahulu untuk meminimalisir bakteri atau kuman yang awalnya berada pada kotoran atau urine dari orang yang sebelumnya memakainya.

Jika kita menemukan toilet duduk, maka kita tentu akan membayangkan jika dudukan toilet ini digunakan oleh orang lain sebelumnya yang tidak kita ketahui kebersihannya. Untuk menghindari perpindahan bakteri, virus, atau bahkan kuman langsung ke kulit kita saat duduk pada dudukan toilet, cobalah beri pembatas berupa tissue diantara pantat kita dan dudukan toilet. Satu hal yang pasti, ada baiknya kita tidak langsung menduduki kloset yang masih dalam kondisi basah atau kotor dan jika diperlukan kita bisa membersihkannya terlebih dahulu hingga bersih.

Baca Juga:  Mengatasi Nyeri Otot yang Disebabkan Oleh Olahraga

Jangan asal menyentuh berbagai benda di dalam toilet dengan tangan secara langsung meskipun benda itu adalah tombol flush atau pegangan pintu. Gunakan tisu sebagai pembatas kulit kita dengan benda-benda tersebut. Setelah selesai menggunakan toilet, jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan sabun hingga benar-benar bersih dan jika diperlukan, gunakanlah hand sanitizer untuk memastikan tangan kita benar-benar bersih dan terbebas dari berbagai macam bakteri, virus, hingga kuman.