informasi kesehatan


Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi sejak Dalam Kandungan

Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi sejak Dalam Kandungan

            

Doktersehat.com – Memiliki anak yang cerdas menjadi impian tiap orang tua. Untuk memenuhi impiannya orang tua perlu mempersiapkan kebutuhan dan nutrisi bayi sejak dalam kandungan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan IQ bayi sejak dalam perut ibu.

Kecerdasan anak dapat dilatih lewat ketajaman daya ingatnya. Latihan untuk menajamkan daya ingat si kecil sebaiknya Anda lakukan selama ia masih dalam kandungan. Selama proses kehamilan, janin akan menyerap segala bentuk latihan yang Anda berikan sehingga berpengaruh pada perkembangan otaknya di kemudian hari. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan IQ sejak bayi masih dalam kandungan:

1. Menyimak gambar

Anda dapat melatih otak si kecil melalui gambar yang merangsang otak kanannya bekerja. Jika ibu biasa memacu kerja otak kanan, maka secara otomatis akan memberi pengaruh positif pada perkembangan janin di dalam kandungan. Semakin sering Anda melatih daya ingat lewat berbagai gambar, daya ingat janin akan semakin baik. Salah satu cara untuk melatih otak kanan bisa dengan mengambil gambar atau memotret tubuh pada tiap perkembangan kehamilan yang bisa Anda pandangi kapanpun.

2. Menulis diary

Menulis kegiatan harian dalam sebuah diary tentu menyenangkan. Otak Anda akan terlatih untuk merangkai kata-kata yang menjadi sebuah cerita yang menarik untuk dibaca. Secara tidak langsung, aktivitas ini mampu melatih kerja otak.

3. Ajak ngobrol janin

Janin yang sedang berkembang dapat mendengar suara yang terjadi di luar rahim ibu pada minggu ke-23 kehamilan. Kemampuannya untuk mendengar memang masih terbatas, tapi dapat membedakan suara sang bunda.

Ahli kesehatan dari NYU Brain Research Laboratories sejutu bahwa bermain musik yang menenangkan atau membacakan puisi untuk bayi saat ia masih dalam kandungan berguna untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan bahasa bayi kelak.

4. Menjawab teka-teki

Kegiatan mengisi teka-teki yang dilakukan semasa kehamilan akan memacu kerja otak. Seluruh syaraf motorik pun berfungsi baik. Kegiatan ini dilakukan secara tidak langsung berpengaruh pada janin dalam kandungan ibu.

5. Makan makanan sehat

Pilihan makanan yang sehat tidak hanya berguna untuk si ibu yang sedang hamil, tetapi juga bayi dalam kandungannya. Makanan tinggi lemak omega-3 (nabati) dan turunannya (DHA) meningkatkan perkembangan otak bayi seperti ikan berlemak tuna, salmon dan ikan haring. Minyak ikan dan hati juga tinggi omega-3, daging ikan baik untuk perkembangan otak sementara kepala ikan mengandung kimia yang tidak baik dan dapat merusak perkembangan serta pertumbuhan otak anak di dalam kandungan. Sedangkan unggas dan kuning telur dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan DHA.

Makanan tinggi asam folat, seperti buah jeruk, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan menghilangkan risiko cacat otak dan sumsum tulang belakang.

6. Rangsang bayi

Studi Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychology menyarankan bahwa cahaya redup bisa merangsang bayi saat diletakkan dekat dengan perut ibu. Jangan memberi bayi cahaya terang langsung di perut karena dapat membahayakan mata bayi.

Anda akan merasakan responsnya ketika merasakan ada gerakan menendang atau bergerak dari dalam perut. Menyentuh perut dengan lembut juga merupakan cara lain untuk merangsang si buah hati.

7. Hindari stres

Hindari stres karena dapat berdampak negatif pada perkembangan bayi. Jika Anda stres dan cemas, ada mungkin akan membuat bayi cemas juga karena Anda berbagi hormon dengannya. Untuk menghindari stres, cobalah latihan relaksasi latihan prenatal atau yoga.

8. Hentikan kebiasaan tak sehat

Berhenti merokok, minum alkohol atau mengonsumsi obat-obatan karena dapat menghambat perkembangan otak bayi, menurut sebuah studi yang dilakukan di Cancer Center Moffitt.

Dari berbagai sumber

pf button both Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi sejak Dalam Kandungan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi sejak Dalam Kandungan”

  1. oemar bakri says:

    Yang tidak kalah penting adalah bagaimana untuk membentuk karakter anak sejak dini.

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. mariana vita says:

    cara2 yg d atas dah aq lakuin tp 1 yg gak bisa d hindari,,,stress &trlalu banyak pikiran. spt hr ni aq stres berat nangis trus ampe perut&dada sesak&sakit.coz suami kuarang peduli sm khamilan kdua ini,terlebih skrng ada abang ipar aq aqaq kurang suka sm dy krna bawa pengaruh buruk k suami aq omong sm suami malah trlalu membela saudaranya aq stres krn stiap omongan q gak pernah d gubris. kalo stres berkepanjangan akibat buruknya apa buat khamilan q ni?? bln lalu&bln skrng berat badan ampe gak naik&darah jg rendah pengaruh stres& gak ada yg perhatiin itu

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0