Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

DokterSehat.Com – Awal tahun akan identik dengan hujan yang melanda hampir setiap hari. Awal tahun sendiri memang menjadi puncak musim hujan pada umumnya sehingga kita pun akan semakin jarang melihat sinar matahari menembus awan dan yang terjadi justru hujan dalam intensitas yang lebih lebat dan lebih lama sehingga lingkungan kita pun cenderung lebih lembab. Musim hujan nan dingin ini sering kali dianggap sebagai musimnya banyak penyakit yang datang. Di saat musim hujan, banyak orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga banyak kuman, bakteri, hingga virus-virus yang memasuki tubuh dan pada akhirnya menyebabkan penyakit.

doktersehat-anak-kecil-hujan

Sebagaimana kita ketahui, sistem imun pada tubuh biasanya terletak pada bagian amandel, limpa, sumsum tulang, hingga kelenjar getah bening. Sistem imun tubuh ini biasanya akan sangat cepat dan efektif menyingkirkan banyak zat-zat berbahaya yang bisa membuat tubuh kita sakit. Sayangnya, di saat musim hujan ini sistem imun ini cenderung menurun kinerjanya sehingga kita tentu harus membuatnya menjadi tetap kuat dengan beberapa trik berikut.

Musim hujan nan dingin tentu tidak bisa menghentikan kita melakukan olahraga dengan rutin. Andai di luar hujan sehingga kita tidak bisa melakukan olahraga outdoor, maka kita pun bisa melakukan olahraga sederhana layaknya senam di dalam ruangan. Dengan berolahraga secara teratur, jumlah sel-sel pada sistem imun tubuh akan meningkat sehingga semakin banyak sel yang mencegah datangnya penyakit dari infeksi bakteri, kuman, hingga virus. Selain itu, olahraga dengan teratur juga bisa menjaga berat badan dengan ideal meskipun kita cenderung lebih banyak makan di saat musim hujan. Tahukah anda, berat badan yang berlebihan akan membuat banyak sel lemak yang bisa memicu inflamasi dan penyakit. Dengan berat badan yang ideal, kita tentu bisa menghindari munculnya penyakit.

Baca Juga:  Tips Ampuh bagi Para Perokok yang Kesulitan untuk Berhenti Merokok

Perhatikan pula makanan apa saja yang kita makan serta kualitas waktu istirahat kita. Di musim hujan seperti sekarang ini, ada baiknya kita mengurangi makanan dengan kandungan gula atau lemak jenuh karena kandungan tersebut bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, cobalah untuk tidur dengan waktu yang cukup sehingga tubuh pun bisa melakukan detoksifikasi dengan ideal dan sistem kekebalan tubuh pun bisa ditingkatkan dengan signifikan.