Cara Mengobati Tenggorokan Berlendir

DokterSehat.Com – Terkadang jika tenggorokan tak sehat, dapat timbul lendir, di mana lendir di tenggorokan ini umumnya sulit dikeluarkan. Dan jika Anda minum air dingin, lendir dalam tenggorokan pun dapat bertambah banyak. Mungkin Anda juga pernah mengalami masalah tersebut namun bingung bagaimana cara menyembuhkannya?

14

Sebelum mengerti tentang cara menyembuhkannya, Anda juga harus tahu apa yang menyebabkan tenggorokan Anda menjadi berlendir. Tenggorokan ini merupakan percabangan saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Jika ada lendir dalam tenggorokan, lendir tersebut diproduksi alami oleh tubuh, dan digunakan untuk pelumas yang berfungsi melembabkan, serta merupakan salah satu dari alat pertahanan dari tubuh Anda, dalam menangkan aneka benda asing yang bisa mengganggu pernafasan.

Produksi lendir berlebihan

Yang terkadang menjadi masalah jika produksi lendir tersebut berlebih. Jika memang ini terjadi, berarti itu menunjukkan bahwa terdapat gangguan di saluran pernafasan Anda. gangguan tersebut salah satunya dapat karena adanya benda asing, sehingga timbul alergi, bisa juga karena gangguan dari bakteri, yang pada akhirnya mengakibatkan terjadi infeksi di saluran pernafasan Anda. Anda sebaiknya hindari terkena udara dingin dan minum minuman dingin apabila lendir pada tenggorokan masih ada, karena hal tersebut dapat menyebabkan lendir menjadi semakin bertambah banyak, dan tentu Anda tak ingin hal itu terjadi.

Warna ledir

Anda juga harus memperhatikan warna dan bentuk dari lendir di tenggorokan. Apabila lendir memiliki warna kuning kehijauan, itu tandanya Anda mungkin terserang infeksi saluran pernafasan, sebaiknya langsung menghubungi dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum infeksi bertambah parah.

Ciri-ciri lendir ditenggorokan

Biasanya lendir pada tenggorokan ini memiliki ciri sebagai berikut, lendir sulit dibuang (Dikeluarkan), dan berbentuk kental. Sementara untuk warnanya seperti yang sudah dibahas sebelumnya di atas. Biasanya lendir ini muncul saat pagi hari, atau ketika Anda berada di lokasi yang berudara dingin. Dan efek yang Anda rasakan secara langsung yakni jika Anda memakan bahan makanan yang memiliki bau tajam, contohnya saja bawang, bau dari bawang tersebut menjadi sulit hilang dari nafas dan mengganggu, itu karena berasal dari lendir yang ada di tenggorokan. Walaupun memang tak ada rasa sakit muncul, tetapi Anda menjadi sulit menelan, sebab kondisi mulut menjadi kering (Karena kekurangan air liur), selain itu tenggorokan pun akan menjadi seret.

Baca Juga:  Selulitis, Kulit Bagian Dalam Terinfeksi

Penyebab munculnya lendir ditenggorokan

Terdapat banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab munculnya lendir di tenggorokan, juga penyebab tenggorokan menjadi berdahak. Tenggorokan yang berdahak atau berlendir ini bisa disebabkan infeksi, iritasi, namun juga dapat disebabkan oleh alergi. Dan umumnya perokok aktif lebih sering memproduksi lendir apabila Anda bandingkan dengan orang yang tak memiliki kebiasaan merokok. Apakah Anda termasuk perokok? Maka mungkin penyebab mengapa tenggorokan Anda sering berlendir ketika pagi hari adalah karena kebiasaan tersebut, sebab ini erat kaitannya dengan saluran pernafasan. Dan Anda juga harus tahu saat muncul lendir apakah terasa sakit ketika menelan? Jika iya, maka kemungkinan terjadi infeksi lebih besar dibandingkan hanya muncul rasa sakit tanpa adanya lendir.

Cara menghilangkan lendir

Sebenarnya cukup banyak metode untuk menyembuhkan atau menghilangkan lendir pengganggu ini. Anda dapat membeli obat di Apotik. Dahak ini bisa dibantu diencerkan menggunakan obat minum. Selain menggunakan obat, Anda juga bisa memakai metode terapi uap. Sekian artikel tentang menyembuhkan tenggorokan berlendir, semoga bermanfaat.