Cara Mengobati Kudis

DokterSehat.Com – Kudis di kenal juga dengan (scabies) adalah suatu penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan fisik karena akan meninggalkan bekas bintik-bintik hitam. Penyakit ini disebababkan oleh kutu kudis yang menempel pada kulit sehingga akan membuat kulit terluka dan dapat menyebar ke seluruh bagian kulit lainnya apabila tidak segera diatasi.

3

Penderita kudis juga akan mengalami gatal-gatal setiap hari pada bagian kulit yang terserang kudis ini, rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit ini sangatlah menggangu aktivitas seseorang bahkan kulit yang sebelumnya halus akan menjadi kasar serta menimbulkan luka-luka kecil dan yang paling parah sampai mengeluarkan seperti cairan nanah.

Orang yang menderita kudis sering kali menggaruknya akibat rasa gatal yang ditimbulkan oleh kutu scabies ini, tapi sebenarnya saat kita menggaruk inilah kudis dapat dengan mudah berkembang biak ke bagian kulit lainnya. Maka dari itu usahakan jangan menyentuh apapun jika sudah terlanjur menyentuh kudis dan disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik.

Sering kali seorang yang terjangkit kudis akan merasa kurang percaya diri terlebih lagi bila kudis menyerang pada bagian kulit terbuka seperti kaki dan tangan. Oleh sebab itu jika kudis sudah menyerang kulit maka kita perlu bertindak cepat sebelum ia berkembang biak dan menjalar kebagian kulit lainnya. Kudis paling sering kita lihat menyerang pada bagian kaki di karenakan lingkungan yang kurang bersih sehingga kudis dapat dengan mudah menempel pada kulit bagian kaki kita terutama pada anak-anak.

Penyebab kudis

Kutu atau tungau sarcoptes scabie merupakan penyebab kudis, kutu ini memiliki ciri-ciri berbentuk bulat dan memiliki 8 kaki yang suka hidup pada laipsan epidermis kulit manusia, memiliki ukuran sangat kecil dan halus sekitar 0,5 mm. Saat kutu ini sudah masuk kedalam lapisan kulit maka ia akan berkembang biak di dalamnya dengan meninggalkan telur kemudian akan menetas sebelum menjadi larva sekitar 3 sampai 10 hari, serta mampu hidup dalam lapisan kulit hingga berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Fakta Tentang Nyeri Pinggang

Penularan kudis

Seperti yang sudah kita ketahui dari penyebab kudis yang sebabkan oleh jenis kutu tungau sarcoptes scabie secara otomatis kudis memiliki sifat menular dari seorang kepada orang lain. Bagaimana cara kudis menuluar? Ada beberapa cara kudis dapat menular kepada orang lain diantaranya bersentuhan langsung pada orang yang terjangkit kudis, menggunakan pakaian seperti handuk milik orang yang menjangkit kudis. Penyakit yang dikenal dengan scabies ini juga sering berada di tempat yang kotor seperti tanah yang becek sehingga biasanya anak-anak sering tetular melalui lingkungan seperti ini.

Pengobatan

Kudis tidak akan pergi dengan sendirinya. Hal ini hanya bisa disembuhkan dengan obat yang membunuh tungau. Pengobatan salep yang dioleskan ke daerah kulit yang terkena kudis sangat dianjurkan, dokter mungkin meresepkan pil untuk mengobati kudis. Pengobatan memakan waktu sampai tiga hari, tergantung pada obat yang digunakan. Kami merekomendasikan untuk memakai obat penyakit kudis yang ampuh untuk membunuh kutu kudis dan obat ini akan meminimalisir rasa gatal dalam masa penyembuhan sehingga penyebaran kutu kudis dapat dicegah.