Cara Mengobati Jantung Lemah

Dokter Sehat – Jika anda menderita penyakit jantung, jangan biarkan begitu saja karena fungsi jantung pada tubuh kita sangatlah penting. Jadi jika jantung kita bermasalah otomatis kesehatan kita pun akan terganggu, untuk itu kami berikan solusi buat anda yang sedang mencari pengobatan untuk penyakit jantung.



Jantung lemah merupakan  suatu kondisi dimana tidak dapat memopa darah yang cukup ke seluruh anggota badan, sedangkan jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Karena jantung didalam tubuh kita ini berfungsi untuk memompa darah ke seluruh organ tubuh, jika otot pada jantung mengalir darah nya semakin membesar karena tekanan darah tinggi maka kemampuan untuk memompa darah semakin menurun.

Penyebab terjadinya lemah jantung salah satunya kelebihan tekanan pada jantung, adanya gangguan degupan jantung, adanya penyakit lain seperti anemia, terdapat penyekatan aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis, adanya kerusakan fungsi jantung akibat darah tinggi atau serangan jantung.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengobati jantung lemah yang efektif adalah berolahraga, menurut beberapa sumber, anda sebaiknya rutin melakukan olahraga minimal setengah jam sebanyak lima kali dalam sepekan. Selain bisa menguatkan jantung anda, olahraga juga bisa membantu untuk menyehatkan kondisi psikis anda.

Namun ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang olahraga untuk memperkuat jantung. Yang pertama, ada beberapa jenis olahraga di luar sana, dan hanya beberapa yang cocok untuk penderita jantung lemah. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk jantung lemah adalah aerobic, jogging, dan berenang. Kedua, hindari melakukan olahraga ekstrim seperti beberapa macam jenis fitness dan panjat tebing. Ketiga, sebaiknya anda tentukan dulu olahraga yang anda pilih, baru sesuaikan berapa lama anda akan melakukan olahraga tersebut.

Baca Juga:  Dokter Idris Idham

Selain olahraga, cara lain yang tidak kalah efektif untuk memperkuat jantung adalah yang berhubungan dengan gaya hidup anda. Gaya hidup disini berarti makanan dan minuman yang anda konsumsi dan kebiasaan anda yang lain, hal pertama yang harus anda lakukan berhenti merokok, karena zat bernama karbonmonoksida yang terdapat dalam rokok bisa menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah koroner. Oleh karena itu, penghisap rokok memiliki waktu hidup yang relatif singkat daripada mereka yang tidak merokok. Selain itu, sebaiknya anda juga menghindari konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Kolesterol pada dasarnya merupakan zat yang berbahaya bagi jantung, selain cara diatas, sebaiknya anda mengurangi atau menghindari konsumsi supplement dan obat-obatan buatan pabrik.