Cara Mengobati Blastomikosis atau Penyakit Gilchrist

DokterSehat.Com – Blastomikosis (penyakit gilchrist) adalah infeksi yang disebabkan oleh blastomyces dermatitidis, blastomikosis terutama menyerang paru-paru, tetapi kadang menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah.



Penyebab

Penyakit ini di bawa oleh Jamur Blastomyces dermatitidis dan spora dari jamur Blasomyces dermatitidis di hasilkan oleh rumah yang di buat oleh hewan berang-berang yang biasanya hidup di sungai, dari mana spora ini masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan penyakit? Jawabannya yaitu spora ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui sistem pernafasan karena terhirup pada saat proses pernapasan masuk melalui udara yang terhirup. Penyakit ini Sering terjadi di daerah bagaian tenggara Amerika Serikat dan di perbukitan Sungai Mississippi, juga di Afrika karena di situlah hidup binatang berang-berang.

Gejala

Gejala penyakit ini  dimulai dengan timbulnya demam yang cukup tinggi bahkan hingga  menggigil dan terdapat pula keringat yang cukup banyak. Bisa juga di sertai batuk berdahak yang cukup parah ( tetapi masih dalam kondisi wajar ) maupun kering, nyeri dada dan kesulitan bernafas atau pernapasan terganggu. Dan infeksi ini tidaklah berbahaya dan akan sembuh secara sendirinya tanpa adanya pengobatan yang serius akan tetapi alangkah baiknya apabila segera di tangani dengan pengobatan.

Adapun gejala yang timbul dalm penyakit Blastomikosis disseminata di antaranya yaitu Infeksi kulit dimulai dengan benjolan kecil (papula) dan bisa juga benjolan tersebut berisi nanah (papulopustula), dan penyakit ini akan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Kemudian akan timbul kutil yang dikelilingi abses atau penimbunan nanah. Apabila terjadi pada tulang maka akan timbul pembengkakan disertai nyeri pada tulang tersebut.Dan pada laki-laki biasanya terjadi pembengkakan epididimis disertai nyeri atau prostatitis.

Baca Juga:  Infeksi Usus Besar

Diagnosa

Diagnosa di tegakkan melalui pemeriksaan mikroskopis terhadap sampel dahak atau jaringan yang terinfeksi, misalnya kulit. Bila ditemukan adanya jamur, dilakukan pembiakan dan analisa laboratorium.

Pengobatan

Setelah diagnosa ditentukan, blastomikosis dapat diobati dengan pemberian obat anti jamur, dengan pengobatan, perbaikan akan cepat terjadi. Tetapi obat harus tetap dilanjutkan untuk berbulan-bulan. Tanpa pengobatan, infeksi akan memburuk secara perlahan dan menyebabkan kematian.