Cara Mengobati Alkalosis Metabolik

DokterSehat.Com – Alkalosis metabolik adalah penyakit dimana penderita mengalami kondisi darahnya yang dalam keadaan basa yang disebabkan kadar bikarbonat yang tinggi.

11

Penyebab

Dari pengertianya dapat diketahui bahwa penyakit ini disebabkan oleh tubuh penderita yang kehilangan banyak asam, dan salah satu penyebabnya bisa dikarenakan penderita yang sedang mengalami masa penyembuhan dimana akhirnya akan sering muntah dan kehilangan banyak asam lambung, atau metode pengobatan yang melakukan penyedotan asam lambung.

Gejala

Alkalosis metabolik dapat menyebabkan iritabilitas (mudah tersinggung), otot berkedut dan kejang otot; atau tanpa gejala sama sekali. Bila terjadi alkalosis yang berat, dapat terjadi kontraksi (pengerutan) dan spasme (kejang) otot yang berkepanjangan (tetani).

Diagnosis

Diagnosis terhadap penyakit ini bertujuan untuk melihat kesesuaian gejala yang dialami penderita adalah sama dengan pertanda khas yang menjadi cirri penyaki ini. Selain itu, diagnosis juga dapat dilakukan untuk melihat penyebab dan tingkatan penyakit ini yang akan berpengaruh kepada jenis pengobatan yang akan dipilih nantinya. Adapun diagnosis ini dilakukan dengan berbagai pemeriksaan fisik yang dilakukan pada daerah tubuh penderita yang terkena penyakit. Khusus untuk penyakit ini, metode diagnosis yang dilakukan adalah dengan pemeriksaan darah pada arteri yang tujuanya untuk melihat keadaan darah yang basa.

Pengobatan

Biasanya alkalosis metabolik diatasi dengan pemberian cairan dan elektrolit (natrium dan kalium). Pada kasus yang berat, diberikan amonium klorida secara intravena.