Cara Menghilangkan stres s Dengan Akupuntur

DokterSehat.Com – Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Setiap orang pasti pernah berhadapan dengan stress di dalam hidupnya. Itu sangat wajar sebab berbagai tekanan selalu kita temukan setiap hari. Menjelang ujian nasional, menikah, wawancara pekerjaan, beban kerja yang berat, ada banyak stressor di dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu anda harus belajar mengendalikan stress.



Anda mungkin agak ngeri membayangkan jarum dimasukkan ke dalam kulit dalam jumlah banyak. Namun anda tidak perlu khawatir sebab jarum akupuntur memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit jika dimasukkan dengan benar. Menghilangkan stress dengan akupuntur, walaupun terdengar aneh namun benar adanya. Akupuntur bisa meredakan berbagai masalah fisik yang muncul akibat stress. Sakit leher dan punggung adalah dua gejala yang sering muncul saat kita mengalami stress. Sakit kepala juga sering muncul terutama jika level stress sudah sangat tinggi. Akupuntur pada dasarnya memiliki banyak manfaat. Untuk terapi stress, akupuntur bisa membantu anda terbebas dari ketegangan otot, tekanan darah tinggi, atau masalah lain yang sering muncul akibat stress. Akupuntur bisa membuat anda merasa lebih tenang dan rileks, hampir sama dengan sensasi yang didapatkan dari pijat atau spa.

Anda tidak hanya bisa menghilangkan stress dengan akupuntur, namun juga melancarkan peredaran darah. Lalu darimanakah pengobatan ini berasal? Jika membahas tentang pengobatan dan terapi tradisional, anda mungkin akan langsung teringat dengan Negara China. Faktanya akupuntur memang berasal dari Negara tersebut. Di dalam teknik pengobatan ini dikenal sebuah istilah, yaitu Chi. Chi adalah sebuah energi ini mengalir ke seluruh tubuh melalui saluran-saluran yang disebut dengan meridian. Jika peredaran chi terganggu akibat penyumbatan pada saluran meridian, maka penyakit fisik dan psikis akan muncul.

Baca Juga:  Terkait Gempa di Aceh, Pakar Kesehatan Menyebutkan Jika Korban Bisa Terkena Gangguan Mental

Hal yang sama juga terjadi saat kita mengalami stress. Sumbatan energi tersebut harus dibuka agar tubuh menjadi sehat kembali dan stress menghilang. Untuk menghilangkan stress dengan akupuntur, seorang praktisi biasanya mempersiapkan beberapa jarum untuk dimasukkan ke beberapa bagian tubuh anda. Jarum-jarum tersebut akan membantu melancarkan aliran energi chi. Anda bisa menjalani terapi ini lebih dari satu kali. Bahkan jika diperlukan, anda bisa datang ke klinik akupuntur secara rutin. Namun sebaiknya disesuaikan dengan masalah anda. Jika kondisi kesehatan sudah membaik, maka tidak perlu lagi menjalani terapi akupuntur. Anda harus memberitahu riwayat medis dan kondisi kesehatan anda kepada penterapi agar ia tahu dimana memasukkan jarum akupuntur.

Dengan menjalani terapi akupuntur secara berkala, tubuh anda akan menjadi lebih sehat sehingga anda bisa mengantisipasi munculnya stress. Anda juga akan merasa lebih segar setelah menjalani terapi. Akupuntur bisa dipakai untuk mendiagnosa berbagai jenis penyakit. Sebelum jarum dimasukkan ke dalam tubuh, biasanya ada serangkaian pemeriksaan, salah satunya adalah membaca denyut nadi. Dari sini akan tergambar kondisi kesehatan anda. Jika ada penyakit lain yang anda miliki di dalam tubuh, anda bisa langsung menyembuhkannya dengan terapi akupuntur.

Tubuh dan pikiran akan selalu terkoneksi. Jika kondisi pikiran sedang tidak sehat, tubuh akan terkena dampaknya. Sebaliknya, jika fisik sedang tidak sehat, maka pikiran bisa terganggu. Pengobatan tradisional lebih kepada penyembuhan fisik, sementara akupuntur membantu penyembuhan secara psikis. Oleh sebab itu, kedua macam pengobatan ini perlu digabungkan agar benar-benar efektif. Tak jarang praktisi akupuntur memberikan obat herbal kepada pasiennya setelah menjalani terapi. Jika anda ditawarkan obat seperti itu, ambil saja dan konsumsi secara teratur.