Cara Menghilangkan Pusing Dan Capek Setelah Bepergian

DokterSehat.Com – Saat Anda bepergian, faktor kesehatan menjadi salah satu kendalanya. Terlebih jika Anda mudah mabuk dalam perjalanan. Kepala jadi sering sakit atau pusing, dan perut mudah mual, Bila sudah begini, maka perjalanan jadi kurang menyenangkan.

12

Terdapat beberapa cara untuk menyelamatkan keadaan Anda saat lelah dan pusing seperti itu. Sehatpedia.net akan memberikan tipsnya agar perjalanan bepergian Anda jadi lebih menyenangkan.

Tips ini bisa Anda gunakan bila sakit di tengah perjalanan atau merasa lelah berat saat pulang ke rumah :

  1. Sakit, mual dan tidak enak badan ditengah perjalanan
    Ini sering terjadi di tengah perjalanan dan kurang menguntungkan. Bila sebelumnya Anda tak sempat minum obat anti mabuk, hisaplah permen jahe atau permen mint. Jangan gunakan AC, sementara gunakan udara luar untuk mengurangi dingin. Bila Anda sampai muntah, minumlah air putih. Kemudian biarkan perut tenang beberapa saat. Gosokkan minyak atau salep yang aromanya mint segar. Pada perhentian berikutnya, carilah minuman hangat seperti teh atau air jeruk. Jangan memilih susu atau kopi. Bila perlu, belilah obat anti mabuk atau permen pedas sebagai antisipasi.
  1. Menghilangkan lelah setelah perjalanan seharian
    Biasanya kepala pusing atau sangat lelah. Ini bisa terjadi karena perubahan suhu dari AC ke udara terbuka atau terlalu lama terkena AC. Kehujanan yang tidak segera mandi juga bisa menyebabkan tubuh kurang enak atau migrain. Setelah sampai rumah, siapkan 20 ml air hangat cenderung panas yang diberi madu dan lemon atau teh cengkeh dengan madu. Ini adalah pertolongan pertama untuk menyembuhkan pening dan lelah. Selanjutnya, segeralah buang air kecil untuk membuang racun-racun, jangan ditahan karena bisa menyebabkan makin pusing. Makan sesuatu yang bening, hangat dan berkuah seperti sup dalam porsi kecil. Lakukan sesuatu selama 1 jam sembari menjeda waktu setelah makan, setelahnya Anda bisa beristirahat.
Baca Juga:  Pusing Saat Makana-makanan Pedas Dan Mual Apakah Itu Wajar?

Istirahat yang cukup akan sangat membantu recovery pasca perjalanan jauh. Selamat mencoba cara ini agar tubuh Anda segar dan rileks kembali.