Cara Menggunakan Pengering Rambut Agar Rambut Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Pengering rambut kerap kali dianggap sebagai salah satu peralatan yang bisa merusak rambut dengan mudah. Banyak dari kita yang memakai pengering rambut secara berlebihan sehingga rambut pun akan mudah kering dan bercabang. Padahal, banyak sekali wanita yang membutuhkan pengering rambut agar bisa sesegera mungkin menata rambutnya setelah mandi di waktu pagi hari sehingga bisa mendapatkan tampilan yang paling maksimal. Adakah cara yang efektif agar kita bisa menggunakan pengering rambut tanpa memberikan dampak buruk bagi rambut?

doktersehat-rambut-rol-hairdryer

Trik pertama yang bisa kita pakai untuk menjaga rambut tetap sehat meskipun sering dikeringkan dengan pengering rambut adalah dengan mengeringkan rambut setelah rambut dalam kondisi yang setengah kering atau lembab. Jangan langsung memakai pengering rambut persis setelah kita mandi dimana rambut masih benar-benar basah. Sebaiknya kita coba keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu sebelum mengeringkannya dengan pengering rambut. Selain itu, cobalah untuk menggunakan pengering rambut dengan merata ke seluruh bagian rambut, bukan hanya pada titik-titik tertentu saja sehingga rambut pun akan mengering dengan merata tanpa adanya masalah beberapa bagian rambut yang terlalu kering. Selain itu, cobalah untuk memberikan jarak yang cukup, yakni sekitar 10 cm diantara rambut dan juga pengeringnya sehingga resiko rambut untuk bercabang, mudah patah, atau rusak akan bisa diminalisir dengan baik.

Jangan gunakan pengering rambut terlalu sering apalagi memakainya setiap hari. Gunakan hanya dikala kita sedang terdesak dan harus segera mempersiapkan diri secepat mungkin. Rambut yang mengering dengan alami atau dikeringkan dengan handuk akan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang dikeringkan dengan pengering setiap hari. Selain itu, cobalah untuk memakai suhu pengering yang paling rendah untuk menghindari panas berlebih yang tentu akan membuat rambut mudah rusak.