Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga

DokterSehat.Com – Telinga adalah salah satu panca indera yang dimiliki manusia, indera ini berfungsi sebagai akat pendengar an dan keseimbangan tubuh. Namun, dalam menjalankan fungsinya, telinga kadang-kadang terancam oleh berbagai hal berbahaya yang dapat mengganggu fungsi telinga.



Berbagai hal berbahaya itu bisa berupa kuman patogen penyebab infeksi saluran napas dan telinga, bising yang bersifat terus menerus, bising yang hilang timbul, ledakan yang singkat dan keras, cedera pada kepala karena kecelakaan lalu lintas, cedera telinga akibat olahraga belahdiri, serta cedera telinga akibat berenang (penyelamatan) dan penerbangan.

Akan tetapi apabila terjadi gangguan pada telinga, maka akan mempengaruhi pada aktivitas sehari-hari. Karena dengan mendengar akan menyerap informasi sebesar 20%. Ketika telinga dalam kondisi sakit maka diperlukan pengobatan oleh ahlinya. Diantaranya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Bagaimana cara menggunakan obat tetes telinga yang tepat?

Obat tetes telinga memiliki penetes semacam pipet yang berfungsi untuk menyedot obat sesuai dosis kemudian meneteskannya pada telinga. Ketika belum dibuka, obat ini dalam kondisi steril sehingga tugas kita adalah tetap mengusahakan agar obat se-steril mungkin. Salah satu caranya adalah dengan tidak menyinggungkan penates tersebut dengan benda-benda lain bahkan ketika meneteskannya pun, diusahakan tidak terkena bagian telinga.

Cara menggunakan obat tetes telinga terbilang simple namun perlu ketelitian, diawali dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian keringkan dengan kain yang bersih. Pastikan ujung penates tidak rusak karena akan berpengaruh pada kuantitas obat yang diteteskan. Jika rusak dan lubang terbuka lebih besar maka besarnya tetesan juga lebih besar.

Telinga bagian luar dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat atau dengan kain lembap secara perlahan. Kemudian dikeringkan dengan handuk kering.

Baca Juga:  Stroke Bisa Terpicu Oleh Cuaca Panas

Hangatkan obat tetes telinga dengan menggenggam botolnya selama beberapa menit. Kemudian kocoklah botol, ambil obat dengan penates kemudian miringkan kepala hingga lubang telinga menghadap ke atas. Teteskan secara perlahan sesuai dosis. Setelah selesai, masukkan kembali ke botol dan tutuplah dengan rapat.

Cara menggunakan obat tetes telinga tidak sulit bukan? Hanya perlu memperhatikan kehigienisan dan kemiringan kepala sehingga obat yang diteteskan tepat sasaran dan telinga segera menjadi sembuh kembali.