3 Cara Mengetahui Susu Sudah Basi

rahasia-susu-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Susu merupakan salah satu minuman sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Hal itu dikarenakan susu mengandung cukup banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya protein, kalsium, fosfor, serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, perlu diketahui juga, walau sangat baik bagi kesehatan, susu tidak bisa sembarangan diminum, terlebih pada produk susu kemasan. Sebab, setiap produk susu pasti memiliki masa pakai atau tanggal kedaluwarsa.

Seringkali, kebanyakan orang tidak sadar akan hal itu sehingga tetap meminum susu kedaluwarsa itu padahal tidak baik bagi kesehatan. Nah, agar terhindar dari efek sampingnya, berikut adalah beberapa tips mengetahui susu yang kedaluwarsa agar tidak sampai terminum.

1. Kenali Aromanya

Cara yang paling mudah untuk mengetahui susu tersebut basi atau tidak adalah dengan menghirup aromanya. Biasanya, susu yang sudah basi akan mengeluarkan aroma asam, bahkan sampai bau busuk. Jika Anda merasakan aroma tersebut, maka jangan dikonsumsi sebab dapat dipastikan kalau susu itu sudah basi atau tak layak konsumsi.

2.Kenali Teksturnya

Cara selanjutnya adalah dengan mengenali teksturnya. Susu yang baik dan masih segar akan memiliki tekstur yang sedikit cair. Begitu pula sebaliknya, jika Anda menemui susu yang sangat kental teksturnya serta menjadi dadih, maka buang saja. Sebab, susu itu telah basi dan tak layak dikonsumsi. Jangan sekali-kali merasa sayang, sebab kesehatan Anda adalah yang paling penting dari harga susu itu.

3.Kenali Rasa

Cara teakhir adalah mengenali rasanya. Jika Anda masih belum yakin akan aroma dan teksturnya, Anda bisa melakukan tes rasa. Jangan banyak-banyak, cukup satu sendok saja. Biasanya, susu yang basi akan memiliki rasa asam saat berada di mulut. Selain itu, keasaman tersebut akan lengket pada bibir dan gusi sehingga membuat rasa tak nyaman dan aroma mulut tak sedap.

Nah, itulah beberapa cara mengenali susu yang telah basi atau tak layak minum agar terhindar dari efek yang tidak baik bagi kesehatan Anda.