Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dari Hasil USG Pertama Kali

doktersehat-usg-hamil-bayi

DokterSehat.Com– Menebak-nebak jenis kelamin janin merupakan sesuatu momen yang mendebarkan semasa kehamilan. Ada banyak cara yang digunakan untuk menebak jenis kelamin bayi, namun cara yang paling mudah tentu saja dengan melakukan USG. Nah, tahukah Anda bahwa hasil USG pertama bayi Anda dapat menunjukkan hasil kelamin janin?

Umumnya Anda baru dapat mengetahui jenis kelamin janin ketika usia kehamilan memasuki 18-20 minggu. Namun ternyata Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi sejak pertama kali menjalani USG meskipun alat kelamin bayi belum terlihat jelas.

Dilansir dari Mom Junction, Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi dari lokasi plasenta yang ada bayi. Dalam sebuah penelitian, lokasi plasenta dapat secara akurat menentukan jenis kelamin bayi meskipun jenis kelamin bayi belum tampak di USG.

Hasil dari penelitian tersebut, 9 dari 10 bayi laki-laki memiliki plasenta yang tertanam di sebelah kanan ibu. Demikian juga dari hasil penelitian yang sama, 9 dari 10 bayi perempuan bayi perempuan ternyata hampir selalu memiliki plasenta di sebelah kiri rahim.

Para ahli mengklaim bahwa metode ini adalah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan jenis kelamin sebelum dilakukan USG yang lebih jelas. Nah, bagi para orang tua yang tertarik untuk mengetahui jenis kelamin janin, sebaiknya saat melakukan USG untuk pertama kalinya, tanyakan pada dokter mengenai lokasi posisi plasenta dalam perut Anda.

Selain menggunakan USG, ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menebak jenis kelamin bayi. Di antaranya dengan menggunakan tes dengan mengambil cairan ketuban, melihat jenis ngidam ibu hamil, mengamati morning sickness ibu, menghitung detak jantung bayi, dan beberapa cara lainnya.

Bagaimana dengan Anda, mana cara yang Anda percaya untuk mengetahui jenis kelamin bayi?