Cara Mengendalikan Gairah Seks Berlebih

DokterSehat.com – Seks memang menjadi aktivitas yang paling menyenangkan. Tak khayal banyak orang yang ketagihan ingin melakukannya lagi. Sayangnya, gairah seksual terkadang tak bisa dilampiaskan saat itu juga karena pasangan sedang ke luar kota atau sakit keras.



Tak hanya itu saja, gairah seks juga terpaksa dikontrol saat pasangan tidak mood untuk bercinta. Kondisi ini tentu saja sangat “menyiksa” terutama pada Anda yang dorongan seksualnya sangat tinggi. Hal ini bukanlah masalah sepele karena bisa saja membuat Anda frustasi saat kebutuhan biologis tak bisa terpenuhi.

Jika Anda belum memiliki pasangan atau sedang berjauhan dengan pasangan sebaiknya lakukan beberapa perubahan gaya hidup untuk mengontrol libido, seperti beberapa langkah berikut ini:

Langkah 1
Bila dorongan seks Anda terlalu tinggi (hiperseksual) segeralah konsultasikan ke dokter. Tingginya dorongan seks juga dapat menjadi tanda gangguan mental seperti gangguan bipolar atau kanker adrenal. Jika Anda mengalami kecanduan seks maka dokter akan merekomendasikan Anda pada terapis profesional dan memberikan beberapa obat yang efektif menekan libido.

Langkah 2
Jangan menonton film porno atau membaca buku erotis karena hanya akan meningkatkan dorongan seksual. Sebaiknya hindari hal-hal yang bisa menimbulkan gairah seksual.

Langkah 3
Lakukan olahraga. Buatlah tubuh Anda sibuk dan aktif sehingga Anda tidak terlalu merasa frustasi.

Langkah 4
Jika mulai terangsang jangan lakukan masturbasi. Fokuskan pikiran Anda dengan hal-hal yang tidak berbau seks dan lakukan aktivitas lain hingga perasaan tersebut hilang.

Langkah 5
Dekatkan diri Anda dengan pasangan melalui cara lain seperti melakukan aktivitas hobi bersama pasangan. Misalnya, bergabung dengan komunitas hobi atau menjadi relawan kegiatan sosial.

Langkah 6
Hentikan konsumsi  alkohol atau obat terlarang, terutama bila kebiasaan tersebut dapat mengurangi kesadaran dan mengakibatkan Anda melakukan sesuatu yang buruk.

Baca Juga:  Semua info tentang HPV