Cara Mengembangkan Pembelajaran Anak Dengan Menggunakan Jenis Kepintaran

DokterSehat.Com – Setiap anak memiliki setidaknya delapan jenis kepintaran: Kepintaran Linguistik (Word Smart), Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart), Kepintaran Visual Spasial (Picture Smart), Kepintaran Kinestetik (Body Smart), Kepintaran Interpersonal (People Smart), Kepintaran Intrapersonal (Self Smart), dan Kepintaran Naturalis (Nature Smart). Teori Kepintaran Multidimensi ini dapat memberikan orangtua cetak biru untuk membantu anak-anak mereka dalam belajar dan menjadi yang terbaik dari kepintaran mereka yang meonjol.

19144687133_2f93ce0861_k

Untuk anak yang berumur antara 1 sampai 6 tahun, yang penting bagi orangtua adalah menyediakan lingkungan di rumah di mana tiap kepintaran tersebut dapat dipupuk dan dikembangkan. Berikut adalah beberapa ide peralatan yang orangtua dapat gunakan untuk membantu menstimulasi perkembangan kepintaran anak-anak mereka :

• Kepintaran Naturalis (Nature Smart)
Sebuah akuarium, terrarium, binatang peliharaan keluarga, kebun, tanaman dalam ruangan, penunjuk arah angin, teropong binokuler untuk melihat burung.

• Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)
Ruangan pribadi untuk menyendiri, bahan untuk hobi khusus yang disukainya, materi dan mainan untuk drama peran, buku diary.

• Kepintaran Interpersonal (People Smart)
Kostum untuk permainan peran (make-believe), rumah boneka, segala jenis boneka dan boneka hewan, figur miniatur, wayang/boneka dan teater boneka/wayang, permainan papan (board games).

• Kepintaran Kinestetik (Body Smart)
Sebuah kotak pasir; mainan lego and/atau balok dari kayu, peralatan olahraga atau gym, tali untuk lompat tali, sepeda beroda tiga, perlengkapan olahraga, perlengkapan kerajinan kayu untuk membangun sesuatu.

• Kepintaran Musikal (Music Smart)
Peralatan perkusi, keyboard elektronik, drum, piano atau alat musik lainnya, rekaman musik untuk didengarkan anak.

• Kepintaran Visual-Spasial (Picture Smart)
Buku bergambar, bahan menggambar dan perlengkapan seni lainnya (cat, kapur tulis berwarna, bahan kolase, pastel, tanah liat mainan, dll); gambar bongkar pasang, peta, barang berbentuk geometri, kamera untuk mengambil foto.

• Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)
Barang untuk dihitung, dipilah dan dikelompokkan (misalnya kancing baju, koin, batu, sapuan warna), bangun susun angka dalam berbagai ukuran dan bentuk, timbangan untuk mengukur berat sesuatu, pita pengukur, gelas ukur, komputer, teka-teki logika, mainan balok berpola, sempoa.

• Kepintaran Linguistik (Word Smart)
Buku anak-anak, majalah untuk aktivitas memotong, perekam suara untuk merekam suara mereka, huruf alfabet dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, perlengkapan menggambar dan kertas untuk menulis; stampel alfabet, susun bangun kata.
Orangtua tidak harus menyediakan semua peralatan tersebut, ini adalah hanya beberapa saran peralatan yang dapat membantu memicu minat sang anak di pintarkepintaran tertentu.

Baca Juga:  Tumbuhnya Gigi Pada Anak Memicu Sakit Pada Gusi

Sama halnya, orangtua sebaiknya menyediakan pengalaman bagi seluruh anggota keluarga yang dapat memicu perkembangan kepintaran tersebut. Berikut adalah beberapa saran untuk kegiatan keluarga :

• Kepintaran Linguistik (Word Smart)
Kegiatan bercerita atau mendongeng, membaca bersama, percakapan yang hangat dengan anak.

• Kepintaran Logika-Matematika (Number Smart)
Bermain permainan matematika (monopoli), mengunjungi museum sains.

• Kepintaran Visual-Spasial (Picture Smart)
Menggambar bersama sebagai keluarga, menonton film anak-anak bersama, mengunjungi museum seni.

• Kepintaran Kinestetik (Body Smart)
Berolahraga sebagai keluarga, melakukan aktivitas membangun/menyusun barang, pergi ke drama teater atau pertunjukkan balet.

• Kepintaran Musikal (Music Smart)
Beryanyi dan/atau memainkan alat musik bersama, mendengarkan musik bersama, pergi melihat konser musik atau drama musikal.

• Kepintaran Interpersonal (People Smart)
Bermain permainan bersama seperti monopoli, bermain permainan di luar ruangan, mengadakan perayaan atau pesta keluarga.

• Kepintaran Intrapersonal (Self Smart)
Membahas tentang perasaan anak ketika muncul misalnya ketika anak sedang kesal, pergi ke terapis keluarga, melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres seperti yoga atau meditasi bersama sebagai keluarga.

• Kepintaran Naturalis (Nature Smart)
Pergi ke taman, hiking, memelihara dan merawat binatang, berkebun bersama.

Orangtua juga dapat mengajarkan anak dengan menggunakan pendekatan Teori Kepintaran Multidimensi. Contohnya, jika orangtua ingin mengajarkan anak untuk menggosok giginya dan tahu bahwa anak memiliki kecenderungan Kepintaran Musikal (Music Smart), orangtua dapat mencari (menciptakan) lagu yang ada hubungannya dengan tata cara untuk menggosok gigi.

Atau, jika orangtua ingin mengembangkan minat membaca dalam diri anak, dan tahu bahwa dia memiliki kecenderungan Kepintaran Kinestetik (Body Smart), orangtua dapat menyediakan anak dengan buku dengan aplikasi touch and feel untuk dibaca sehingga terbangun simulasi yang nyata ketika dia sedang membaca.

Hal terpenting adalah untuk selalu ingat bahwa orangtua perlu menyediakan kesempatan bagi anak untuk berkembang pada delapan kepintaran di atas seiring dengan berjalannya waktu. Dan terlebih lagi, memberikan motivasi tambahan di area-area dimana mana anak dapat menunjukkan keunggulan di kepintaran tertentu. Dengan cara-cara inilah, orangtua dapat membantu anak untuk menjadi yang terbaik dan apapun yang dia inginkan dalam hidupnya!

Gimana guys menurut kalian? Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini!

BACA JUGA : Khasiat Pare Untuk Mengobati Sakit Mata Merah