Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Dokter Sehat – Indonesia memiliki iklim tropis, karena itu sangat mempengaruhi wajah Anda akan berminyak karena cuaca yang panas. Kulit muka berminyak sangat mengganggu penampilan Anda, dan membuat Anda harus bolak balik ke kamar mandi untuk touch up makeup. Kalau tidak, Anda akan terkejut melihat bayangan Anda yang penuh kilau di wajah bagaikan kilang minyak.



Kulit yang berminyak akan membuat muka Anda tidak terlihat segar lagi malahan wajah terlihat lebih kusam. Selain masalah kulit menjadi terlihat kusam, masalah lain yang diakibatkan wajah berminyak yaitu komedo dan jerawat. Apabila komedo dan jerawat sudah ada diwajah, wah gawat tuh! penampilanmu juga akan terganggu kan? Umumnya, makeup juga hanya bertahan selama 2 jam saja di pagi hari. Dan pada saat sibuk-sibuknya, Anda malah dibuat khawatir akan penampilan Anda.

Tidak perlu putus asa dulu, sebenarnya Anda justru harus bersyukur diberkahi dengan jenis kulit berminyak yang jauh dari kerutan di wajah dan tampak selalu awet muda. Ikuti tips berikut supaya wajah Anda bebas dari minyak :

1.Mencuci muka teratur
Cuci muka anda paling tidak sehari dua kali dengan sabun pencuci muka, tentunya sabun pencuci muka yang khusus untuk menghilangkan minyak pada wajah, dan tentunya harus yang sesuai dengan kulit wajah anda. Jangan terlalu sering mencuci muka dalam satu hari, ini untuk mengurangi produksi sebum. Gunakan pembersih muka yang berbahan dasar minyak sebagai penghilang sebum. Ketika membersihkan wajah lakukan pemijatan disekitar dahi, hidung, dan dagu. Lakukan pemijatan searah jarum jam, ini akan memberikan hasil yang optimal.

2.Menggunakan make up yang tepat
Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Gunakan make up berbahan dasar mineral untuk menghindari munculnya jerawat pada muka. Bisa juga pilih jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak seperti spons. Pilihlah produk kecantikan yang dikhususkan untuk kulit berminyak, hal ini bisa anda lihat di iklan-iklan. Namun alangkah lebih baiknya anda konsultasikan ke dokter kulit supaya penanganannya tepat. Ada produk-produk kecantikan yang kandungannya bekerja untuk menetralisir kelebihan minyak pada wajah kita.

Baca Juga:  Makanan Kesehatan Untuk Wanita

3.Pakai scrub atau masker
Minimal satu minggu satu kali sebaiknya anda mengolesi wajah anda dengan scrub, masker, atau peeling. Anda harus pintar memilih produk yang sesuai dengan sensitivitas kulit, atua jika ingin perawatan secara alami, gunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk masker di wajah.

4.Gunakan kertas penyerap minyak
Ketika wajah terlihat berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan. Jangan digosok-gosok karena bisa menyebabkan iritasi dan menyebabkan make up berantakan, untuk menghilangkan minyak dilarang menggunakan toner yang berkadar alkohol tinggi, ini bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Hal-hal yang harus di hindari :

1.Menggunakan tabir surya yang berlebihan
Hal ini bisa membuat wajah semakin tampak berminyak, jadi jika anda ingin menggunakan tabir surya pakailah secukupnya jika anda akan keluar rumah saja. Hindari makanan pedas, karena makanan pedas bisa memacu keluarnya minyak yang sangat tinggi pada wajah.

2.Jika kulit anda berminyak, hindarilah produk-produk yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Hal itu karena Alkohol bisa menghilangkan kadar minyak alami pada kulit yang akan memicu kelenjar minyak bekerja ganda, sehingga minyak yang dikeluarkan lebih banyak.

3.Hindarilah produk pembersih yang membuat kulit anda menjadi kering
Jika kulit kering maka lapisan kulit anda dapat menyusut, hal ini akan menghambat minyak masuk ke pori-pori yang menyumbat dan berakibat iritasi pada kulit.