Cara Mengatasi Susah BAB Pada Bayi

Dokter Sehat – Permasalahan yang sering dialami oleh bayi pada umumnya adalah masalah pada buang air besar, buang air besar berkaitan erat dengan makanan atau asupan yang ia konsumsi. Permasalahan susah BAB atau susah buang air besar dapat dikatakan hal yang wajar, namun tidak semata mata dianggap hal yang biasa karena pada kasus tertentu, susah buang air besar dapat berdampak pada kesehatan.



Bayi yang masih berumur dibawah 2 tahun umumnya sering sekali buang air kecil dan juga buang air besar, namun pada kasus kasus tertentu ada yang mengalami susah buang air besar bahkan sampai berhari hari. Hal ini musti di waspadai dan di cek ke dokter, agar tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya.

Cara mengatasi susah BAB pada bayi :

  1. Bila Anda memberikan susu formula kepada bayi Anda, perhatikan peraturan takaran pengencerannya sehingga didapatkan konsistensi yang tepat dan tidak terlalu kental.
  2. Mintalah rekomendasi susu formula yang baik dari dokter atau ganti merk susu dengan merk lain yang lebih cocok untuk bayi Anda apabila diperlukan.
  3. Oleskan minyak bayi di daerah sekitar anus bayi.
  4. Berikan pijatan lembut disekitar perut bayi dari pusar ke arah luar dengan gerakan melingkar searah jarum jam, Anda bisa menggunakan krim atau minyak pijat bayi yang dapat memudahkan tangan Anda melakukan pijatan dengan lembut.
  5. Baringkan bayi Anda dalam keadaan telentang dan lakukan gerakan kakinya dengan gerakan mengayuh sepeda di udara, hal ini dapat membuat otot-otot perut bayi bergerak dan memberikan tekanan lembut di usus besar sehingga memudahkan bayi untuk BAB.
  6. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buahnya setiap hari, bisa diberikan dalam bentuk puree atau jus. Buah yang baik untuk pencernaan si bayi adalah pepaya matang dan agar-agar yang dapat membantu melunakkan tinja sehingga memperlancar BAB. Buah yang sebaiknya dihindari untuk sementara waktu adalah pisang karena dapat memperkeras tinja.