Cara Mengatasi Sakit Siku

doktersehat-siku-hitam-lengan-tangan-Eritema-Multiformis-luka-bakar

DokterSehat.Com– Sakit pada siku lengan kerap dialami seseorang yang memiliki kebiasaan atau pekerjaan pasif yang bertumpu pada otot-otot lengan, seperti menulis, melukis, mengetik, atau meggunakan mouse komputer berlebihan.

Gangguan ini bersumber pada lengan bawah, yakni sisi luar di bawah sendi siku. Pria maupun wanita bisa mengalami sakit siku tangan terutama untuk mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan angkat berat, atlet golf atau tenis.

Penyakit sakit tangan sakit ini ditandai dengan adanya rasa sakit dan nyeri pada siku lengan. Kondisi ini berisiko menyebabkan lengan bawah tidak bisa berfungsi dengan normal. Misalnya tidak bisa diluruskan, ditekuk, atau saat gerakan memutar. Kondisi ini juga berkontraksi pada jari-jari tangan yang terasa tegang dan kaku.

Kondisi tersebut tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasi sakit siku tangan kanan, bisa memberikan terapi pijatan yang sederhana dan tepat. Rasa nyeri, kaku, dan sakit siku lengan disebabkan adanya endapan asam laktat dan sisa-sisa pembakaran (mioglosis). Akibatnya, bisa mengganggu otot yang berfungsi sebagai alat penggerak yang aktif. Terapi pemijatan untuk gangguan ini dapat dilakukan dengan cara massage sport pada beberapa bagian lengan.

Baca juga: Tangan Sering Kesemutan, Waspada Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Cara Mengobati Sakit Siku 

Berikut ini tiga langkah obat sakit siku tangan kanan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan siku tangan sakit:

Langkah pertama

Lakukan pemijatan di bagian lengan atas untuk merangsang seluruh jaringan otot, syaraf, urat, dan melumatkan jaringan lemak padat (lemak jahat) di bawah kulit agar larut dalam peredaran darah dan terbuang melalui saluran pembuangan.

Langkah Kedua

Pemijatan di lengan bawah. Awali pijatan dari pergelangan tangan hingga ke sendi siku. Lakukan pijatan pada lengan dengan arah bergelombang dan seperti memeras (kneading).

Langkah ketiga

Langkah selanjutnya pijat telapak tangan dengan menggunakan ujung-ujung jari. Lalu pemijatan untuk meregangkan persendian jari.

Setelah selesai melakukan pemijatan secara keseluruhan kemudian pijat dengan lembut untuk mendorong zat-zat kelelahan supaya larut dalam darah, dan menyegarkan kembali jaringan-jaringan otot, urat, dan syaraf.

Baca juga: Penyebab Rematik dan Cara Mengobati

Penyebab Siku Tangan Sakit

Ada banyak penyebab siku tangan sakit. Sebagian besar karena terlalu sering menggunakan atau tekanan pada sendi, biasanya karena bekerja, olahraga, hobi, atau kecelakaan. Penyebab umum siku tangan kanan sakit adalah sebagai berikut:

  • Terkilir dan tegang: Terkilir adalah peregangan atau robeknya ligamen yang menghubungkan dua tulang bersama-sama, sementara tegang adalah peregangan atau robeknya otot atau tendon (tendon adalah jaringan fibrosa yang menempel otot ke tulang karena kekuatan yang berlebihan).
  • Tendinitis: Peradangan atau iritasi pada tendon yang melekatkan otot ke tulang di siku biasanya karena terlalu sering digunakan.
  • Bursitis: Peradangan dari bursae (kantong berisi cairan yang melapisi tulang di siku)
  • Tennis elbow: Juga disebut epicondylitis lateral, ini karena radang tendon otot-otot lengan bawah di mana mereka menempel pada sendi siku luar.
  • Elbow pegolf: Juga diistilahkan epicondylitis medial, ini disebabkan oleh peradangan tendon di mana tendon melekatkan otot lengan ke penonjolan tulang dari siku bagian dalam.
  • Kompresi saraf radial: Mencubit atau menekan saraf radial yang melewati sendi siku
  • Kompresi saraf ulnar (atau jebakan): Mencubit atau menekan saraf dengan pembengkakan atau pemindahan.
  • Air mata ligamen: Siku ligamen yang robek karena kekuatan yang berlebihan pada sendi siku.
  • Cedera pada setiap komponen siku: Trauma ke komponen sendi siku atau struktur yang berdekatan, yang bekerja bersama dengan sendi siku (lengan bawah, lengan atas dan bahu)
  • Patah lengan: Fraktur bagian tulang lengan (humerus, radius, atau ulna yang tidak membentuk sendi siku)
  • Dislokasi komponen siku: Dislokasi salah satu tulang atau struktur lain seperti tendon atau saraf yang membentuk atau melewati sendi siku.
  • Fraktur siku: Setiap fraktur tulang yang membentuk sendi siku (humerus, radius, dan ulna).
  • Osteoarthritis: Hilangnya tulang rawan di ujung tulang di siku.
  • Rheumatoid arthritis: Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan sendi.
  • Osteochondritis dissecans: Suplai darah dipotong atau diturunkan di siku.
  • Olecranon bursitis: Peradangan bursa yang ada di ujung siku.
  • Infeksi pada sendi siku: Selulitis, pembentukan abses, atau infeksi lain pada struktur apa pun, septic arthritis.
  • Tumor: Setiap kanker atau massa yang mungkin timbul dalam struktur sendi seperti tumor tulang.