Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

DokterSehat.com – Berbagai keluhan akan dialami wanita saat sedang mengandung, salah satunya sakit punggung. Namun, Anda tidak perlu khawatir, keluhan ini masih bisa diatasi dengan berbagai cara, seperti:



1. Berlatih sikap tubuh yang baik

Seiring perkembangan janin maka beban tubuh ibu akan condong ke depan. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan (jatuh) akibat beban ini maka disarankan untuk mencari sandaran untuk punggung. Berikut ini prinsip-prinsip sikap tubuh yang baik:

  • Berdiri tegak
  • Tarik dagu tinggi-tinggi
  • Sandarkan pundak Anda ke belakang dan usahakan untuk tetap rileks
  • Jangan dekatkan lutut Anda.

 Saat berdiri pastikan posisi Anda nyaman. Bila Anda harus berdiri dalam waktu yang lama, istirahatkan salah satu kaki Anda di bangku yang lebih rendah. Duduk dengan posisi yang benar juga merupakan sikap tubuh yang baik. Pilihlah kursi yang bisa menyangga punggung Anda, tambahkan  bantal kecil di belakang punggung bawah Anda. Usahakan punggung atas dan leher lurus dalam kondisi nyaman. Anda juga bisa menyangga kaki pada bangku yang lebih rendah.

2. Gunakan pakaian yang tepat

Saat hamil sebaiknya gunakan celana dan baju khusus ibu hamil yang terdapat ikat pinggang rendah dan suportif. Selain itu, Anda juga bisa memakai sabuk yang dikhususkan ibu hamil. Meski penelitian tentang efektivitas sabuk masih terbatas, namun beberapa wanita menyatakan penyokong tambahan tersebut sangat menolong.

3. Mengangkat benda dengan posisi yang tepat

Posisi yang tepat juga perlu diperhatikan saat sedang mengangkat beban. Saat akan mengangkat benda yang lebih rendah lakukan dengan berjongkok lalu menggunakan kaki. Jangan menekuk di bagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Penting pula bagi Anda untuk tahu batas kesanggupan Anda. Jika Anda rasa tidak sanggup, Anda bisa mencari bantuan.

Baca Juga:  Agar Bisa Terbebas Dari Karang Gigi, Rutin-Rutinlah Berkumur Setelah Makan

4. Tidur menyamping

Tidur menyamping lebih baik daripada tidur dengan punggung Anda. Pastikan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Letakkan satu bantal diantara lutut atau bagian tubuh yang lain seperti di bawah perut.

5. Cobalah sesuatu yang panas, dingin, atau pijat

Gunakan bantalan panas untuk memberi kehangatan di punggung. Gosoklah punggung dengan bantuan orang lain untuk menimbulkan sensasi panas. Jika bisa masukkan daftar pijat dalam jadwal Anda sebelum proses persalinan berlangsung.