Cara Mengatasi Rasa Sakit pada Penis Saat Memakai Kondom

doktersehat-kondom

DokterSehat.Com – Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang penting. Dengan menggunakan alat ini selama melakukan aktivitas seks, kehamilan tidak akan terjadi. Selai itu, peluang terjadi penularan penyakit seksual juga bisa diminimalkan.

Meski banyak kelebihannya, beberapa pria kerap menolak menggunakan kondom. Mereka sering melakukan seks “polosan” saja dan melakukan ejakulasi di luar kalau tidak menginginkan kehamilan. Alasan pria menolak kondom adalah rasa tidak nyaman dan sakit yang terjadi pada penis.

Nah, kalau Anda sering mengalami rasa sakit pada penis, coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

Cek Kemungkinan Alergi Lateks

Sebagian besar kondom yang ada di pasaran terbuat dari bahan lateks. Bahan ini sering digunakan karena dikenal kuat dan tidak mudah rusak dengan gesekan. Sayangnya meski lateks sangat bermanfaat, tidak semua pria tahan dengan bahan ini.

Beberapa pria alergi dengan lateks yang menjadi bahan baku kondom. Lateks menyebabkan kulit penis jadi gatal, iritasi, hingga menimbulkan rasa sakit yang cukup besar.

Pelumas Membuat Iritasi

Beberapa kondom yang dijual di pasaran biasanya sudah memiliki cairan pelumas di dalamnya. Cairan pelumas ini akan membantu pria melakukan penetrasi ke dalam dengan mudah. Selain itu cairan pelumas juga melembapkan penis.

Sayangnya tidak semua pria tahan dengan pelumas bawaan ini. Untuk mengatasi kondisi ini coba cari kondom yang tidak berpelumas.

Ukuran Kondom Tidak Pas

Apa yang terjadi kalau Anda pakai baju kekecilan? Tidak nyaman kan? Penis juga begitu, kalau kondomnya kekecilan dan tidak sesuai dengan ukuran, karet akan menekan kulit penis dan menyebabkan rasa sakit yang cukup besar. Untuk mengatasi kondisi ini coba beli kondom yang sesuai ukuran.

Semoga ulasan di atas bisa mengatasi rasa sakit saat mengenakan kondom.