informasi kesehatan


Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

            

DokterSehat.com – Nyeri tulang belakang biasa dialami wanita hamil pada umumnya. Rasa nyeri akan mulai terasa saat kehamilan memasuki trimester ketiga dimana berat badan ibu meningkat secara signifikan.

Selama hamil, tubuh ibu juga menghasilkan hormon relaxin yang membuat ligamen penyokong tulang belakang menjadi tidak stabil sehingga membuat nyeri di bagian tulang belakang. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil:

1. Perhatikan posisi tubuh

Wanita hamil tidak disarankan untuk berdiri terlalu lama. Tapi, bila hal itu harus dilakukan sebaiknya pilih sepatu yang datar dengan alas kaki cukup lebar guna mencegah pembengkakan. Sementara bagi wanita hamil yang dituntut untuk duduk dalam waktu yang lama sebaiknya duduk dengan posisi yang tepat. Duduklah dengan posisi pinggul dan punggung bawah menyentuh bagian belakang kursi. Saat duduk pastikan lutut membentuk sudut 90 derajat. Anda juga bisa menambahkan bantal diantara punggung bawah dan kursi guna menjaga leher dan kepala agar tidak membungkuk.

2. Jangan angkat beban berat

Selama hamil sebaiknya Anda tidak mengangkat benda berat. Bila Anda diharuskan mengangkat benda sebaiknya lakukan dengan cara yang tepat. Dekatkan benda dengan tubuh Anda, luruskan punggung, tekuk lutut, lalu angkat benda dengan menggunakan tenaga kaki. Jangan angkat benda dengan menggunakan otot punggung. Bila harus memutar, putarlah seluruh tubuh, jangan hanya memutar bagian pinggang saja. Lebih baik lagi bila Anda meminta bantuan orang lain untuk mengangkat beban.

3. Olahraga secara teratur

Berolahraga saat hamil bisa membantu menguatkan otot punggung. Biasanya dokter akan menyarankan latihan kardiovaskuler seperti berenang atau berjalan. Gerakan renang bisa membantu menguatkan otot-otot, mengatasi varises, dan pembengkakan pergelangan kaki. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter bila akan melakukan olahraga agar kehamilan Anda tidak terganggu.

4. Tidur miring

Makin bertambahnya usia kehamilan, perut juga makin membesar. Supaya rahim tidak menekan vena cava sebaiknya Anda biasakan untuk tidur miring ke kiri. Vena cava merupakan vena utama yang terletak di sebelah kanan perut yang berfungsi mengalirkan darah. Supaya tulang belakang tetap sejajar sebiaknya tambahkan bantal di bawah perut atau di antara kaki. Tidur dengan posisi miring akan mengurangi beban pada otot perut dan panggul.

pf button both Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

No Responses to “Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil”


Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil | AkuMuda.com Article - [...] Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil [...]
  2. Cara Mengatasi Nyeri Di Lutut | Caramanfaat.net - […] Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil | Informasi ... […]