Cara Mengatasi Nyeri Lutut

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Doktersehat.com – Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering digerakkan. Tak jarang banyak orang yang mengeluh pegal atau bahkan nyeri di bagian lutut.

Untuk mengurangi rasa nyeri di lutut sebagian orang memilih untuk memijatnya namun tak lama setelah itu rasa nyeri kembali lagi dirasakan.

Bila pijatan bagian lutut memberikan sensasi nyaman berarti otot Anda dalam kondisi kelelahan. Sementara rasa nyeri pada lutut disebabkan oleh asam laktat yang terbentuk akibat gerakan. Zat asam laktat ini harus segera ‘dibuang’ agar tidak mengganggu kinerja peredaran darah.

Anda bisa melakukan pemijatan untuk melancarkan aliran darah. Bonusnya, pembuangan asam laktat pun menjadi lebih lancar dan lututpun terasa nyaman. Akan tetapi, jangan memijat terlalu keras sebab akan merusak jaringan dan bisa menimbulkan rasa sakit lagi. Berilah pijatan yang halus agar tidak merusak bagian tertentu.

Waspadalah, apabila lutut berulang-ulang terasa sakit seusai melakukan banyak kegiatan. Bisa jadi hal ini disebabkan adanya masalah pada pembuluh darah. Segera periksakan ke dokter ahli pembuluh darah untuk lebih jelasnya.

Sumber: femina.co.id

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Comment