Cara Mengatasi Mual Muntah Pada awal Masa Kehamilan

DokterSehat.Com – Muntah adalah gejala yang paling banyak dialami oleh wanita hamil di masa awal kehamilan. Muntah itu sendiri tidak selalu karena ada masalah kesehatan. Biasanya muntah dapat disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya adalah infeksi virus, alergi atau hipersensitivitas saluran cerna, sumbatan saluran cerna, terlalu banyak makan, keracunan makanan, gangguan sensorik dan otak, reaksi atau efek samping obat, minum alkohol terlalu banyak, flu perut, stres emosional, mabuk darat, laut maupun udara, ataupun karena pengaruh hormonal.

doktersehat-hamil-mual-muntah

Pada masa awal kehamilan terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga menimbulkan gejala mual dan muntah. Muntah itu sendiri merupakan suatu gejala dan bukan suatu penyakit. Muntah timbul karena reaksi sementara pada tubuh atas sesuatu. Muntah pada saat kehamilan dianggap normal apabila tidak menimbulkan adanya dehidrasi pada sang ibu, di mana ibu masih bisa makan dan minum. Apabila mual muntah yang terjadi disertai dengan dehidrasi atau kekurangan cairan, hal ini merupakan alarm bahwa sang ibu butuh penanganan khusus di rumah sakit.

Berikut adalah cara untuk mengurangi rasa mual dan muntah pada awal masa kehamilan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi jahe dapat mengurangi rasa mual dan perasaan ingin muntah. Hal ini karena jahe baik untuk sistem pencernaan kamu dan bekerja sebagai anti-emetik alami untuk mencegah muntah. Campurkan satu sendok teh setiap jus jahe dan jus lemon dan mengkonsumsi beberapa kali sehari. Atau, cobalah beberapa teh jahe dengan sedikit madu atau makan beberapa potong jahe segar dengan atau tanpa madu.
  2. Minum teh mint dapat meringankan mual dan muntah, terutama ketika hal itu disebabkan oleh sakit perut. Tambahkan satu sendok makan daun mint kering untuk secangkir air panas. Curam selama 5 sampai 10 menit. Saring dan minum teh ini.
  3. Banyak Minum air putih secara bertahap (sedikit-sedikit tapi sering).
  4. Menghindari makanan padat sampai episode muntah telah berlalu.
  5. Hindari pemicu
  6. Apabila terjadi tanda tanda kurang cairan bawalah ke fasilitas kesehatan terdekat
Baca Juga:  Gadis Cilik Ini Mendonasikan Ginjalnya Untuk Balita Lain yang Sakit

Demikian cara mengobati mual dan muntah dengan cara alami, semoga bermanfaat.