Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Kehamilan adalah sebuah berita yang akan sangat membahagiakan oleh siapapun, khususnya bagi pasangan muda yang baru menikah. Sayangnya, berita kehamilan yang membahagiakan biasanya akan berlanjut dengan beberapa gangguan kesehatan yang akan menimpa ibu hamil layaknya gejala morning sickness yang membuat ibu hamil bisa merasakan mual-mual atau muntah saat pagi hari. Dengan ibu hamil yang memuntahkan kembali makanan yang dimakannya, Ia pun beresiko akan mengalami kekurangan nutrisi dan cairan yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh sekaligus untuk perkembangan sang janin. Morning sickness juga akan membuat ibu hamil menjadi mudah merasa lelah dan bahkan bisa memicu mood yang kurang baik sepanjang hari. Adakah cara agar ibu hamil mengatasi morning sickness?

doktersehat-sakit-peut-mens

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi air putih cukup banyak. Rasa sakit dan mual pada perut seringkali berasal dari kurangnya cairan pada tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka tubuh pun akan terhidrasi dengan baik. Selain air putih, pakar kesehatan juga menyarankan konsumsi berbagai jus yang kaya vitamin C akan sangat baik bagi ibu hamil. Teh jahe juga diyakini mampu membuat masalah morning sickness bisa menjadi lebih reda. Jahe telah dikenal luas menjadi salah satu obat yang bisa mengatasi gangguan pada perut. Obat alami ini akan cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil sekaligus cukup efektif mengurangi rasa mual.

Rasa mual saat pagi hari bisa diredakan jika ibu hamil menghirup aroma lemon alami. Rasa lemon yang sangat segar akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan lebih nyaman. Ibu hamil cenderung akan memiliki indera penciuman yang lebih tajam dan bisa membuat rasa mual dan jika menghirup aroma lemon, rasa mual tersebut bisa dinetralisir dengan cepat.

Baca Juga:  Merkuri dan Efeknya Terhadap Kesehatan

Saat ibu hamil merasakan mual-mual, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berbaring terlebih dahulu dan kemudian tempatkan kepala pada atas bantal dan ambillah napas yang cukup dalam. Meskipun terlihat sederhana, trik ini diyakini akan membuat rasa mual dan muntah akan menjadi jauh lebih baik.