Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur

DokterSehat.Com – Kehidupan modern yang penuh dengan banyak aktifitas harian yang sangat sibuk ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan manusia. Stress karena aktifitas harian ternyata bisa memicu masalah insomnia atau susah tidur. Penderita insomnia sendiri bisa terjaga semalaman atau mengalami gangguan pada tidurnya sehingga tidurnya pun tidak nyenyak dan istirahatnya akan kurang maksimal. Kondisi ini bisa memicu masalah lain layaknya badan yang cenderung terasa lesu seharian dan emosi yang cenderung lebih mudah meledak-ledak. Jika kita mengalami insomnia, kita bisa memakai beberapa trik berikut agar waktu tidur yang berkualitas bisa kita dapatkan.

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

Insomnia sendiri bisa terjadi karena alasan fisik atau psikologis. Beberapa orang mengaku mendapatkan masalah susah tidur karena hal-hal yang sepele layaknya kondisi rumahnya yang dekat dengan jalan raya sehingga bising setiap saat dan membuatnya tidak bisa tidur. Selain itu, suhu yang dianggap terlalu panas atau bahkan saat berada di dalam pesawat untuk perjalanan jarak jauh ternyata bisa memicu masalah kesulitan tidur. Jika dirunut melalui faktor psikologis, maka penderita insomnia biasanya memiliki masalah layaknya beban kehidupan yang berat atau bahkan berbagai masalah dalam dunia pekerjaan yang menghantui waktu istirahat di dalam rumah.

Untuk mengatasi masalah insomnia ini, kita tentu harus mengetahui cara untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Beberapa pakar kesehatan merekomendasikan yoga atau meditasi yang dilakukan dengan rutin sebagai cara untuk membuat tubuh akan lebih mudah merasa rileks dan tertidur dengan nyaman. Latihan yoga atau meditasi dengan rutin akan membuat pikiran terlatih untuk merasa rileks dan tubuh juga akan tidak lagi tegang sehingga bisa tidur dengan nyaman. Selain itu, cobalah untuk membatasi konsumsi kafein sepanjang hari agar tubuh pun menjadi lebih rileks dan mudah untuk tidur. Selain itu, jika anda memiliki masalah dalam kehidupan atau pekerjaan yang membuat masalah insomnia, jangan ragu untuk menceritakan hal ini pada keluarga atau teman terdekat sehingga anda akan merasakan beban anda terbagi dan saat istirahat di rumah pun akan menjadi waktu yang jauh lebih rileks dan menenangkan.

Baca Juga:  Tidur Lebih Cepat, Anak Pun Akan Menurunkan Resiko Terkena Obesitas