Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Saat Liburan

DokterSehat.Com – Liburan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan bagi sebagian orang dikarenakan dapat mengurangi tingkat stres. Selain itu liburan juga dapat menambah wawasan kita. Berbagai program liburan ditawarkan di masyarakat. Liburan dengan aktifitas di luar ataupun di dalam, liburan di dalam negeri ataupun di luar negeri, atapun liburan dengan berbagai macam aktifitas.

doktersehat-dehidrasi-keringat

Liburan ke luar negeri adalah satu destinasi favorit bagi sebagian orang, selain menambah wawasan juga dapat memperkaya pengetahuan. Berkunjung ke daerah yang memiliki 4 musim adalah hal yang banyak dilakukan para wisatawan karen keingintahuannya mengenai musim yang tidak dimiliki di Indonesia yaitu musim dingin. Selain dapat memperkaya wawasan kitapun dapat merasakan suasanan yang berbeda di sana. Akan tetapi bagi sebagian orang Indonesia banyak yang memmiliki masalah akibat cuaca musim dingin tersebut yang menyebakan kulit mereka bertambah kering. Berikut adalah tips alami untuk merawat kulit kering:

  1. Tidak menggunakan air panas untuk membersihkan kulit kering, karena dapat mengikis lapisan pelembab alami kulit.
  2. Gunakan kain katun yang lembut dengan cara menepuk, Jangan menggosok kulit dengan keras dengan menggunakan handuk bertekstur kasar.
  3. Hindari sabun yang kuat untuk mencuci wajah, karena bisa menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Sebaiknya pilih sabun yang mengandung AHA untuk sabun muka, karena dapat membantu melembabkan.
  4. Pijat tubuh Anda secara rutin dengan minyak herbal. Minyak herbal ini akan melembutkan dan mencegah kulit kering , serta membantu untuk menjaga kelembaban antara pori-pori kulit .
  5. Hindari pembersih muka atau kosmetik berbasis alkohol, karena bahan ini akan menghilangkan kelembaban alami kulit.
  6. Menjalankan diet seimbang, yang mencakup makanan dari semua kelompok seperti sayuran, buah-buahan, karbohidrat, sereal, susu dan produk susu.
  7. Hindari makan junk food seperti keripik, makanan yang digoreng, dll.
  8. Tetap hangat dalam cuaca dingin kering.
  9. Tidak duduk di dekat tempat api.
  10. Mengkonsumsi makanan segar hangat dengan sedikit lemak, seperti ghee atau minyak zaitun.
  11. Minum air putih hangat 7-9 gelas setiap setiap hari.