Cara Mengatasi Komedo Pada Wajah

DokterSehat.com – Komedo adalah masalah umum bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Komedo merupakan hasil dari penyumbatan pori-pori wajah yang berisi kotoran yang mengendap di wajah. Kulit wajah memang sangat sensitif dengan interaksi dari luar apalagi untuk wajah berminyak yang akan dengan mudah membuat debu dan kotoran menempel dan masuk ke dalam pori wajah yang menyebabkan komedo dan jerawat. Jika dibiarkan komedo akan membuka pori-pori kulit sehingga pori-pori kulit terlihat lebih besar dan terlihat kasar.



Berikut tips cara mengatasinya agar bebas dari komedo:

1. Rajin mencuci wajah menggunakan susu pembersih, sabun wajah atau cukup dengan air untuk menghilangkan minyak berlebihan dari kulit. Gunakan sabun wajah khusus untuk kulit sensitif terhadap komedo.

2. Gunakan produk scrub untuk wajah dan pijat perlahan. Lakukan dua kali seminggu untuk mengangkat kotoran yang tidak terangkat.

3. Banyak minum air putih.

4. Gunakan pelembab yang bebas minyak pada kulit Anda.

5. Melakukan penguapan pada kulit wajah. Agar pori-pori wajah terbuka, melembutkan komedo dan membuatnya lebih mudah untuk keluar.

6. Atau menggunakan produk pengangkat komedo secara instan berupa kertas yang ditempelkan pada bagian yang memiliki komedo dan setelah beberapa saat kertas tersebut kita angkat biasanya komedo juga ikut terangkat.

Jangan pernah mencoba untuk menekan komedo karena hal itu bukan cara yang tepat untuk menghilangkan komedo. Hal itu malah bisa memperburuk kondisi kulit Anda. Cobalah melakukan perawatan di atas secara terus menerus kulit Anda akan terbebas dari komedo.