Cara Mengatasi Kerontokan Rambut

Dokter Sehat – Rambut rontok adalah masalah yang dapat menimpa pria ataupun wanita, jika tidak segera diatasi dengan segera, kebotakan dini mungkin saja bisa terjadi. Rontoknya rambut sering kali membuat kepercayaan diri menurun, yang tentu saja tidak diinginkan oleh semua orang. Penyebabnya rontok adalah stress, gen, hamil, diet, dan kurangnya nutrisi pada kulit.



Cara-cara Untuk Mengatasi Rambut Rontok :

  1. Konsumsi makanan yang bergizi dan sehat yang tentunya akan membuat protein kulit kepala menjadi tercukupi, protein ini berguna untuk mempertahankan produksi rambut.
  2. Jagalah emosi, karena stress adalah salah satu penyebab kerontokan rambut.
  3. Rawatlah rambut dengan benar setiap hari dengan menyisir dan jangan menggosok rambut dengan keras, karena menyisir rambut dapat meningkatkan suplai darah sehingga mengaktifkan aktivitas sel-sel kulit kepala.
  4. Pilihlah produk shampoo, tonic dan conditioner yang memang difungsikan untuk mengatasi kerontokan rambut, produk tersebut ada dijual di pasaran luas.
  5. Untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar Anda inginkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang kandungan dari produk-produk tersebut. Tanyakanlah tentang pengobatan yang dapat diterapkan secara langsung kepada kulit kepala, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru dan juga memperkuat akar rambut itu sendiri.
  6. Jangan biarkan kulit kepala berjemur di bawa sinar matahari terlalu lama, karena sinar matahari dapat membuat luka bakar yang menyebabkan folikel tidak mampu untuk menahan rambut.
  7. Jangan menggunakan wig, karena wig akan mencekik folikel rambut Anda dan rambut Anda tidak dapat bernafas dengan baik.
  8. Gunakan minyak zaitun lalu memijat kepala secara merata, karena minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan rambut baru.
  9. Kerontokan rambut bisa saja terjadi karena sirkulasi darah yang tidak lancar, untuk memperlancar sirkulasi darah Anda bisa memijatkan kepala Anda.