informasi kesehatan


Cara mengatasi keputihan yang bandel

Cara mengatasi keputihan yang bandel

DokterSehat.com – Sering kali terjadi hal yang tidak nyaman ketika keputihan datang,kondisi daerah kewanitaan menjadi lembab dan aktivitaspun menjadi tergangu.Ketika hal itu terjadi mungkin sebagian wanita memilih menggunakan pembalut tipis untuk mengatasinya.terlebih kalau  kita seorang wanita karier mungkin untuk masalah-masalah keputihan terkadang tidak di hiraukan,karena tidak ada nya perawatan yang baik daerah kewanitaan bisa menjadi sarang kuman,sebaiknya kalau keputihan itu datang anda sebaiknya menyiapkan pembalut yang extra tipis yang khusus untuk pemakaian saat itu yang bisa dikantongin di tas anda dan bisa dibawa kemanapun juga,ada cara yang lain mungkin dengan cara sesering membersihkan daerah kewanitaan dengan sabun pencuci Mrs.V dan bisa juga mengganti celana dalam secukupnya jika dirasa sudah sedikit ada noda keputihan.Hilangkan pikiran dan Tanya apakah itu penyakit,merasa organ vitalnya tidak normal,apakah bisa menyebabkan kemandulan.Untuk lebih jelasnya jika anda terlalu takut dengan itu semua saatnya anda harus pergi ke dokter untuk mengetahui secara detail  hal yang sedang anda alami.

Keluarnya Secret atau cairan (lender) berwarna bening,kental dan baunya sedikit agak tidak enak  sebenernya hal yang normal.Ini merupakan proses yang sangat ilmiah Yang berkaitan erat dengan konsisi masa subur seorang wanita.Dan wanita yang normal pasti mengalami kondisi atau saat-saat seperti ini.dan biasanya muncul setelah haid (3-7 setelah haid).Wanita akan memasuki masa-masa subur yang ditandai dengan keluarnya cairan dari Mrs.V yang memang dipersiapkan oleh tubuh kita untuk memasuki fase pematangan pembuahan sel telur serta kehamilan.Biasanya setelah 7-14 hari kemudian cairan ini perlahan akan berkurang.Mengental dan menghilang.

Masalahnya,pada masa subur ini biasa  daerah Mrs.V lembab dan menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.Nah,bila ini terjadi infeksi bakteri ,cairan vagina akan menjadi putih kekuning-kuningan,berbau dan menimbulkan rasa gatal.Kondisi seperti inilah yang dsebut dengan keputihan.

Penyebab keputihan ini biasanya sejenis microorganisme,Yaitu jamur Candida Albicans atau bakteri trichomonas vaginalis dan bisa  juga disebabkan oleh cacing kremi yang diebabkan dari daerah dubur yang berpindah  ke vagina.

Keputihan juga menjadi penanda adanya infeksi atau tumor  bahka kanker rahim,atau indung telur.Bila ada tumor/kanker ada kemungkinan juga menimbulkan masalah dalam kesuburan atau kemungkinan tidak bisa mempunyai keturunan.

Maka dari itu sebaiknya apabila keputihan menimpa diri anda segerah obati secara tuntas.Keputihan juga bisa menyebabkan infeksi baru disekitar vagina.Infeksi ini bila dibiarkan akan menjalan rongga rahim dan saluran telur.

Ramuan tradisional yang paling umum digunakan untuk mengatasi keputihan adalah   ramuan sejenis kunci-suruh.Ramuan ini terdiri dari dari campuran temu kunci(biasanya kunci pepet) dengan daun sirih.

Kedua bahan ini dicuci bersih lalu direbus dengan segelas air dalam panci tertutup.Setelah mendidih lalu matikan api lalu minum selagi hangat,dua kali sehari satu gelas,selama 7 hari.

Selain itu anda juga bisa membuat  ramuan untuk cuci atau rendam vagina.Caranya 10 lembar daun sirih yang segar tapi cukup tua warna hijau daunnya,dicampur  1 sendok makan serbuk delima putih.

Campuran direbus dengan 400 cc air dalam panci terutup sampai mendidih,matikan apinya dan diamkan air rebusan sampai hangatnya cukup bisa diterima untuk mencuci vagina.,baik untuk cebok,berendam atau disemprotkan  kedalam vagina(Sebaiknya menggunakan alat seperti botol plastik dengan mulut yang panjang yang setiap pemakaian harus dibersihakn dengan air panas.Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

 

Sumber : luziansya

pf button both Cara mengatasi keputihan yang bandel
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Cara mengatasi keputihan yang bandel”

  1. Nila says:

    Maaf sbelumnya dok
    Mrs. V sya sdah 1 thn krang lbih, terasa sngt gatal
    Sampai saya garuk & lecet, apakah bs berbhaya dok jk Mrs.V sya sampai terluka
    Sya sdah cba memakai sabun kusus bt Mrs.v saya tp tak berfungsi
    Apakah ad cra pengobatan laen untk menghilangkan rasa gatal d bgian mrs.v sya
    Terima kasih sebelumnya dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 1

  2. daun sirih memang sudah dikenal untuk mengatasi keputihan..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  3. rina says:

    tapi gimanakalo keputihanya udah lama ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Tentunya harus dibasmi terlebih dahulu penyebabnya dengan menggunakan obat-obatan sesuai resep dokter. Namun pada keputihan yang sudah berlangsung lama selain penggunaan obat, harus juga menggunakan cara pencegahan agar tidak terjadi infeksi ulangan. Bila penyebabnya adalah jamur, pasien disarankan untuk tidak membiarkan celana dalamnya basah, memakai bahan katun, menggantinya bila basah dan menghindari penggunaan pentiliner untuk sementara.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. andy says:

    ikut share bos

    meskipun saya pria, saya juga perduli thd kesehatan kaum wanita karena ibu & istri saya adlh kaum wanita

    saya lebih memilih pembalut avail, karena dibuat dari kapas murni sehingga tidak mengandung dioksin , avail juga mengandung 17 macam herbal yang bermanfaat bagi kesehatan “mahkota” kaum wanita, termasuk keputihan dll.

    selain itu avail juga bisa mjd solusi bagi masalah keuangan bg kita

    info lbh lanjut hub: 0858 6686 2041 (andy)
    (sms available)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. mawa says:

    Dok, klo keputihannya berwarna kuning kdang juga putih, terasa gatal di vagina tpi tidak bau…itu di sebabkan jamur,bakteri atau virus ? Lalu apa daun sirih bisa menyembuhkan keputihan tersbut agar tidak kambuh lagi ?
    Mohon penjelasannya dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0