Cara Mengatasi Buang Air Kecil Yang Keseringan

Dokter Sehat – Masalah sering buang air kecil bisa mengganggu aktivitas seseorang dalam bekerja, interaksi sosial, psikologis dan saat tidur. Jangan abaikan masalah ini, cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya. Biasanya orang akan sering pipis ketika musim hujan atau dingin, tapi beberapa orang justru sering buang air kecil kapan pun karena mungkin mengalami overactive bladder (sering buang air kecil).

15

Overactive bladder adalah kondisi dimana kandung kemih berkontraksi tidak semestinya, menyebabkan desakan tiba-tiba untuk berkemih. Ketika hal ini terjadi, pada beberapa orang menyebabkan juga terjadinya ngompol sebelum dapat mencapai toilet, walaupun hal ini tidak selalu terjadi.

Penyakit ini lebih sering menimpa perempuan, berdasarkan studi Asia Pacific Continence Advisory Board (APCAB) di negara-negara Asia, setidaknya 53% perempuan di asia terkena gejala overactive bladder. Sekarang ini overactive bladder tidak hanya dialami perempuan lanjut usia, tetapi juga pada perempuan di usia produktif 25-30 tahun.

Cara pengobatan overactive bladder :

  1. Pemberian obat untuk mengontrol keinginan berkemih
  2. Operasi untuk memperbaiki fungsi kandung kemih
  3. Latihan kegel
  4. Senam otot panggul untuk memperkuat otot kandung kemih