Cara Mengatasi Bintik Putih Pada Wajah

DokterSehat.com – Selain panu, bintik-bintik pada wajah banyak penyebab dan macamnya. Riwayat keluarga juga harus ditelusuri untuk memastikan bintik putih ini, karena adakalanya memang faktor keturunan. Sebelum kita mencoba menghilangkan bintik putih pada wajah, terlebih dahulu harus diketahui apa yang menjadi penyebabnya:



– Bintik putih pada wajah bisa disebabkan karena tidak kuatnya wajah terhadap sinar matahari yang terlalu ekstrim. Sebenarnya pengobatannya sangatlah simple, dengan berjemur dibawah sinar matahari. Namun, jangan biarkan keringat timbul, jadi harus di lap secara terus menerus.

– Efek pengguna kosmetik juga bisa menyebabkan bintik putih pada wajah. Hal ini bisa terjadi pada wanita yang sering ganti merek kosmetik, atau tidak cocok dengan bahan kimia yang terkandung didalamnya. Untuk menghilangkan bintik putih pada wajah yang disebabkan oleh kosmetik ini sangat mudah, yaitu langsung berhenti memakai alat kosmetik dan segera konsultasi ke ahli kulit.

– Penyebab lain adalah vitiligo. Vitiligo diakibatkan penyakit sistemik. Seperti penyakit kelenjar gondok, kelenjar anak ginjal, dan kencing manis bisa menimbulkan kelainan pigmentasi pada kulit. Hilangnya pigmen inilah yang menimbulkan bercak putih. Penyebab dari vitiligo masih belum dapat diketahui dengan jelas. Karena itu, penyembuhan bercak putih karena vitiligo sedikit susah. Untuk mengatasinya, terlebih dahulu harus diobati penyakit asalnya. Dan faktor keturunan termasuk berperan memicu adanya vitiligo.
Pengobatan bercak putih pada vitiligo , jika mengoleskan salep, tidak boleh terlalu lama karena bisa menyebabkan kulit melepuh. Atau jika minum tablet, harus dua jam sebelum berjemur. Tapi tablet bisa merusak fungsi hati. Maka fungsi hati harus selalu dimonitor.

– Bercak putih karena faktor usia. Semakin tua seseorang, maka aktivitas pigmen lebih mudah terganggu. Namun ini juga dipengaruhi suku atau ras seseorang. Ras Negroid lebih kecil kemungkinan menderita bercak putih dibanding mereka ras kauka-soid.

Baca Juga:  Penyakit Osteoporosis Jangan Abaikan

Perlu di ingat untuk menghilangkan bintik putih pada wajah harus mengetahui penyebabnya. Jika tyrosine dalam tubuh itu sedikit, maka yang perlu ditingkatkan adalah makanan yang bergizi. Jika Pityriasis alba bisa ditanggulangi dengan sinar matahari. Namun terapi untuk jenis ini penderita tidak boleh terkena air atau keringat. Terapi akupuntur juga dianggap bisa meminimalisasi bercak putih ini.

Kenali macam-macam bercak putih sebelum melakukan pengotan yang tepat, konsultasikan ke dokter jika perlu penanganan lebih.