Cara Mengatasi Bayi Yang Bosan

DokterSehat.Com – Bosan? Siapa pun pernah mengalaminya. Tapi, sangat mudah membuat anak ceria dan bersemangat kembali. Bagaimana caranya? Anak-anak adalah makhluk yang senantiasa ceria dan bersemangat. Mereka antusias menemukan hal-hal baru, mencari tahu rahasia alam. Anak-anak juga gemar melakukan suatu kegiatan berulang-ulang untuk mempelajari proses.



Namun, ada kalanya, mereka dihinggapi rasa bosan. Mereka jadi enggan melakukan eksplorasi dan rasa ingin tahunya seakan padam.  Apa yang menyebabkan rasa bosan tiba-tiba menyerang balita? Bagaimana mengatasinya?

Rasa bosan adalah reaksi normal manusia pada umumnya, yang muncul saat melakukan kegiatan secara monoton. Memang tak semua orang mudah merasa bosan. Sebab, ada pula yang dikatakan para ahli memiliki ambang batas kejenuhan dan kebosanan yang cukup tinggi. Tentu inilah yang membedakan cara mengatasi jika bosan datang, terutama bila terjadi pada balita.

Manusia modern mengisi sebagian besar waktunya dengan kesibukan dan kerja. Dengan pola pendidikan masa kini, anak terbiasa disibukkan berbagai stimulasi, baik oleh lingkungan, maupun orang tua atau pengasuh. Padahal, anak tidak selalu harus sibuk. Orang tua perlu juga mempertimbangkan agar si kecil beristirahat sejenak dari kegiatannya.

Menurut Hans Grothe , psikolog dan kontributor tetap majalah Eltern di Jerman, rasa bosan penting dalam kesehatan mental. Rasa bosan dapat dianalogikan sebagai sebuah sistem alarm, pemberi tanda bahaya. Fungsinya, untuk memberitahu yang bersangkutan bahwa dirinya butuh break sejenak.

Jika ini berkenaan dengan anak-anak, rasa bosannya bermanfaat bagi orang tua atau pengasuh. Sedikit ketidakaktifan (bersikap pasif) menurut berbagai studi, berguna untuk mengistirahatkan motor penggerak tubuh si kecil, yang sehari-hari tiada henti bereksplorasi. Momen tanpa kegiatan, penting bagi si balita. Namun jangan biarkan si pembosan menikmati diam dengan hanya menonton televisi.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bayi yang bosan :

  1. Bereaksi spontan
    Dalam mengatasi bayi yang bosan anda dapat melakukan reaksi yang membuat bayi anda mengalihkan kebosanannya. Reaksi yang spontan dapat anda lakukan tanpa menggunakan alat bantu, misalnya saja dengan mengeluarkan suara suara yang membuatnya tertarik atau mengajaknya mengalihkan pandangan pada sesuatu yang mencolok sehingga mengusir kebosannnya. Dengan reaksi yang responsive akan membantu mengalihkan bayi anda ketika suasana bosan.
  1. Berikan ruang gerak
    Ketika bayi anda diajak pada sebuah acara keluarga, maka anda dapat membebaskannya untuk bermain di matras atau di kereta dorongnya dengan mainan favoritnya, berikan kebebasan pada bayi anda untuk berekspresi. Sesekali anda dapat membuatnya menjadi pusat perhatian dan memberikan sapaan sehingga bayi anda tidak larut dalam kebosanan.
  1. Membawa benda favorit
    Meskipun usianya masih terbilang hitungan bulan akan tetapi biasanya bayi memiliki benda favorit yang membuatnya nyaman dengan benda tersebut, sebut saja benda favorit yang mungkin dapat digambarkan adalah boneka dengan warna yang mencolok atau benda yang dapat mengeluarkan bunyi akan tetapi yang harus anda ingat bahwa benda favoritnya harus aman untuk bayi anda. Usahakan tidak berukuran kecil atau memiliki ornament kecil apalagi bila bayi anda sudah mulai terbiasa memasuki benda ke mulutnya.
  1. Libatkan anak anda
    Ketika anda membawanya pada sebuah acara dengan durasi yang membuat bayi anda rewel dan gelisah yang menjadi tanda kebosanan bayi, maka anda dapat melibatkan bayi anda sehingga tidak merasa sendiri. Anda dapat sesekali mengajaknya berbincang dan mengenalkan beberapa hal baru dalam suasana yang berbeda sehingga bayi anda selain dapat bertahan pada sebuah acara juga membuatnya mengenal hal baru.
  1. Berpindah
    Bayi yang gelisah, rewel bahkan hingga menangis biasanya dipicu juga karena kondisi lingkungan yang membuatnya tidak nyaman. Kepanasan bisa menjadi salah satu pemicunya, sehingga anda dapat mengajak bayi anda untuk berpindah terlebih dahulu untuk mencari suasana baru. Ajaklah bayi anda untuk berinteraksi sehingga membuatnya tidak bosan. Berada pada ruangan yang sama dalam waktu yang lama tidak hanya membuat bayi bosan kadang kadang sebagai orang dewasa mengalami hal tersebut.
Baca Juga:  10 Manfaat Air Susu (ASI) Untuk Bayi

Dengan demikian kebosanan yang dialami oleh bayi biasa dialami akan tetapi untuk mengatasinya sehingga mengurangi kebosanan dan melibatkan bayi anda dalam berbagai peranan dapat anda lakukan dengan cara-cara di atas.