Inilah Cara Efektif Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Doktersehat - Ambeien Saat Hamil
Photo Credit: Flickr.com/Allan Perez

DokterSehat.Com– Salah satu masalah yang kerap menghampiri ibu hamil adalah ambeien. Ambeien atau yang biasa disebut wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah pada area sekitar anus mengalami pembengkakan. Semua orang bisa terkena ambeien termasuk ibu hamil.

Ambeien bisa terasa sangat gatal bahkan menyakitkan hingga membuat Anda merasa tidak nyaman saat duduk. Meski begitu, ambeien bukanlah suatu kondisi yang harus dikhawatirkan.

Ambeien saat hamil umum terjadi dan memengaruhi banyak wanita hamil, terutama di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga usia kehamilan.

Perubahan hormonal dan perkembangan rahim di masa kehamilan dapat memengaruhi tekanan pembuluh darah balik (vena), termasuk di sekitar panggul dan juga saluran pencernaan ibu hamil.

Hal ini membuat ibu hamil menjadi lebih rentan mengalami ambeien yang dalam dunia medis dikenal sebagai hemoroid. Selain rasa tidak nyaman di sekitar dubur, gejala lain yang bisa dialami adalah keluar darah saat buang air besar.

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah mengendur, yang menyebabkan dinding lebih mudah membengkak. Progesteron juga berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus.

Selain itu, semakin bertambah usia perkembangan janin semakin bertambah pula ukurannya. Di mana hal ini akan memberikan tekanan yang besar pada panggul, rongga perut dan area sekitarnya—sehingga terjadi penyumbatan aliran darah di sekitar area itu yang menyebabkan terjadinya penebalan jaringan mati.

Penanganan Ambeien Saat Hamil

Ambeien saat hamil bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi ibu maupun janin. Meski begitu, rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya membuat ibu hamil tidak fokus pada janinnya, tetapi pada rasa sakit yang ditimbulkan oleh ambeien.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu melakukan beberapa perawatan untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh ambeien. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. Jangan duduk terlalu lama

Berbaring, berdiri, dan berjalan adalah alternatif lain selain duduk yang dapat Anda lakukan. Duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar dubur di mana hal ini bisa memperburuk ambeien.

Jika Anda diharuskan duduk, ganti posisi setiap beberapa menit sekali dan bergeraklah sesering mungkin.

  1. Konsumsi banyak makanan berserat

Makanan berserat berguna untuk membuat tinja Anda lunak dan memperlancar BAB, dengan begitu risiko sembelit dan memperberat kondisi ambeien saat hamil dapat berkurang. Tidak hanya makanan berserat, Anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan aktif melakukan kegiatan fisik.

  1. Melakukan senam kegel

Selain membantu menguatkan dinding perineum (dinding yang berada di antara vagina dan anus) untuk proses persalinan, senam kegel juga bisa memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah ambeien.

  1. Istirahat cukup

Istirahat cukup, selain dapat mengembalikan energi hal itu juga berguna untuk meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh ambeien. Terlebih selama hamil Anda akan merasa lebih lelah dibandingkan ketika belum hamil.

  1. Berendam di air hangat

Selain dapat membantu merelaksasi otot dan peredaran darah, mandi air hangat mampu mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang terdapat ambeien. Hal ini bisa Anda lakukan beberapa kali.

Jika beberapa langkah di atas sudah Anda lakukan tetapi ambeien masih menganggu aktivitas sehari-hari Anda, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan sembarangan menggunakan obat, karena harus disesuaikan dengan jenis dan dosis yang aman untuk ibu hamil.

Meski pun ambeien saat hamil adalah masalah yang umum dan sering terjadi, namun bukan berarti semua ibu hamil mengalaminya. Bagi Anda yang pernah mengalami ambeien sebelum hamil, maka risiko mengalami ambeien saat hamil akan lebih besar.