Cara Mengalahkan Kanker Payudara dengan Diet

doktesehat cara rawat payudara

DokterSehat.Com– Kanker payudara merupakan penyakit yang menyerang payudara karena keganasan sel-sel jaringan di payudara. Kanker ini terjadi jika sel-sel pada payudara tumbuh abnormal. Sel-sel ini akan membelah diri lebih cepat dari sel normal dan membentuk benjolan.

Kanker payudara berisiko seiring usia, pada wanita berusia 50-70 tahun disarankan memeriksakan diri setiap tiga tahun sekali. Kanker payudara masih belum jelas penyebabnya hingga kini. Namum Anda dapat menghindari faktor risikonya. Faktor risiko kanker payudara adalah multifaktorial. Tak hanya perempuan, kanker payudara juga dapat menyerang pria, karena pria pun memiliki jaringan payudara meskipun tidak sebesar milik wanita.

Mengalahkan Kanker Payudara Dengan Diet

Makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi risiko terkena kanker payudara. Selain itu, tidak merokok dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko kanker. Berikut pilihan tips diet untuk melawan kanker payudara, seperti dilansir dari Boldsky:

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber nutrisi penting. Menjadi sumber serat makanan yang sangat baik, buah dan sayur juga dapat mengurangi risiko kanker mulut, tenggorokan, pankreas, dan paru-paru. Cobalah makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran berwarna setiap hari. Ini termasuk apel ukuran sedang, pisang, 3 cangkir sayuran yang dimasak, dan semangkuk salad.

Berikut beberapa tips untuk menambahkan porsi ekstra buah atau sayuran setiap kali Anda makan:

  • Tambahkan buah-buahan ke dalam sereal sarapan gandum Anda
  • Untuk makan siang, masukkan wortel dan seledri
  • Tambahkan kacang ekstra, jamur atau potongan sayuran dalam sup dan kari Anda

2. Makan lebih banyak biji-bijian utuh

Makanan gandum utuh mengandung serat dan nutrisi, yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan menjaga berat badan yang sehat. Serat hadir dalam gandum utuh juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Beberapa cara sederhana untuk memasukkan biji-bijian ke dalam diet Anda adalah memilih roti gandum cokelat, nasi merah, bukan nasi putih, pasta gandum utuh, sereal sarapan seperti gandum, dan menambahkan barley untuk sup dan rebusan.

3. Makan daging yang kurang olahan

Mengkonsumsi banyak daging olahan dan merah dapat meningkatkan risiko kanker usus, dan kanker pankreas. Karena mereka tinggi kalori, yang juga dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Pilihan makanan protein yang lebih sehat termasuk ikan, kacang-kacangan, ayam dan telur yang dapat membantu mencegah kanker payudara.

Daging olahan termasuk ham, sosis, salami, dan bacon. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi lebih sedikit daging merah dan daging olahan dan memakannya dalam porsi kecil.

3. Makan lebih sedikit garam

Makanan yang diawetkan dengan garam dapat meningkatkan risiko kanker perut, yang termasuk daging sapi asin, ikan asin, dan beberapa sayuran acar. Buatlah makanan Anda menggunakan lebih sedikit garam.

Tips Mencegah Kanker Payudara

  • Batasi asupan alkohol, karena semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar risiko terkena kanker payudara.
  • Ada hubungan antara merokok dan risiko kanker payudara, terutama pada wanita pra-menopause. Jadi, berhentilah merokok.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Aktivitas fisik sedang dapat membantu mencegah kanker payudara.
  • Menyusui mungkin memainkan peran dalam pencegahan kanker payudara.
  • Isi setengah piring Anda dengan sayuran berwarna-warni, 1/4 dengan makanan wholegrain serat tinggi seperti beras merah atau pasta gandum utuh dan 1/4 dengan makanan protein yang sehat seperti ikan, ayam atau kacang-kacangan.
  • Diagnosis dini adalah kunci dalam mengobati kanker payudara dan memastikan keberhasilannya.

 

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik