Cara Mendeteksi Kesehatan Tubuh Melalui Kaki

DokterSehat.Com – Kita tentu pernah melihat tukang pijat yang memiliki keahlian membuat tubuh menjadi lebih bugar hanya dengan memijat beberapa titik di area kaki atau telapak kaki saja. Banyak tukang pijat yang berkata bahwa kesehatan tubuh bisa diperiksa dan disembuhkan hanya dengan melakukan pemijatan pada titik-titik tertentu pada kaki. Apakah hal ini berarti kaki memang bisa menjadi penanda terbaik akan kesehatan tubuh? Hal ini ternyata benar adanya. Selain berfungsi sebagai tanda pemijatan yang baik, kaki ternyata juga bisa memberikan anda tanda akan adanya masalah kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tanda kesehatan yang bisa dilihat dari kaki anda.

doktersehat-tulang-kaki-sendi-lari-jalan

  • Otot dan Persendian Kaki
    Saat pagi hari, apakah anda merasakan rasa sakit pada kaki anda? Jika rasa sakit ini hampir selalu terasa di setiap pagi, maka bisa jadi anda sedang mengalami masalah peradangan kronis pada area sendi. Peradangan ini disebut sebagai artritis reumatoid yang bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat dan disertai dengan bengkak pada persendian. Untuk mengurangi masalah ini, anda bisa sering-sering berolahraga. Hanya saja, jika rasa sakit ini bukan karena masalah radang sendi, hal ini menandakan adanya masalah kram otot pada kaki.
  • Rambut dan Kuku Kaki
    Cek kuku kaki anda. Jika kuku kaki cenderung menghitam, maka bisa jadi ini adalah tanda akan masalah kesehatan berupa kanker kulit. Banyak sekali penyebab kuku menghitam, namun, sering kali kuku kaki yang gelap disebabkan karena kuku terkena jatuhan benda yang keras dan berat. Hanya saja, jika kuku mengalami garis gelap di bawah kuku tanpa ada sebab apapun, maka bisa jadi ini adalah tanda dari kanker kulit melanoma. Disamping kuku, cek pula rambut pada jari kaki. Meskipun jumlahnya sedikit dan kurang diperhatikan, rambut pada kuku yang semakin menipis ternyata bisa menjadi penanda masalah aliran darah yang disebut sebagai peripheral arterial disease atau penyempitan pembuluh area yang membuat aliran darah ke kaki mengalami masalah.
  • Peredaran Darah dan Kondisi Kulit Kaki
    Kadang kala kaki juga mengalami mati rasa yang biasanya disebabkan karena kurang lancarnya peredaran darah ke kaki. Hanya saja, kaki mati rasa dengan frekuensi yang sering juga bisa menjadi penanda adanya masalah diabetes. Anda tentu harus memeriksakan ke dokter untuk penanganan dan pengecekan yang lebih baik. Selain itu, cobalah cek apakah kulit pada kaki mudah mengalami kekeringan dan terkelupas. Jika area tumit mengalami kondisi kulit kering dan pecah-pecah serta terkelupas, bisa jadi anda mengalami masalah kelenjar tiroid.