9 Cara Mudah untuk Bisa Hamil Anak Perempuan

Doktersehat - Bayi Perempuan
Photo Credit: Flickr.com/Susan Lueck

DokterSehat.Com– Bagi pasangan yang tengah merencanakan kehamilan, pembicaraan mengenai jenis kelamin bayi adalah salah satu hal yang tidak mungkin terlewatkan. Bahkan, beberapa pasangan memang merencanakan jenis kelamin anak sesuai dengan keinginannya.

Sebelum merencanakan jenis kelamin anak, Anda harus mengetahui bahwa jenis kelamin bayi yang dikandung ditentukan oleh kromosom sperma yang berhasil membuahi sel telur. Tiap kromosom sperma mengandung kromosom X atau Y, dan sel telur wanita mengandung kromosom X.

Bila yang membuahi sel telur adalah sel sperma kromosom X maka akan menjadi gabungan kromosom XX yaitu bayi perempuan. Namun, bila yang membuahi sel telur adalah sel sperma kromosom  Y maka akan menjadi gabungan kromosom XY yaitu bayi laki-laki. Setiap pasangan memiliki peluang yang sama yaitu 50:50 untuk mendapatkan bayi laki-laki dan perempuan.

Lantas, bagaimana dengan orang tua yang menginginkan memiliki anak perempuan? Apa yang harus dilakukannya?

Berikut ini beberapa metode agar bisa cepat hamil anak perempuan:

1. Menggunakan metode Shettles

Metode ini menyarankan, peluang untuk memiliki anak perempuan akan lebih besar apabila Anda berhubungan intim sekitar 2-3 hari sebelum masa subur. Dengan demikian, hanya akan ada sperma perempuan yang tertinggal di rahim untuk membuahi sel telur. Metode Shettles dilaporkan memiliki tingkat keberhasilan hingga 75 persen untuk hamil anak perempuan.

Metode ini akan membantu Anda menentukan kapan sel telur dilepaskan dari ovarium dan kapan waktu yang tepat untuk pembuahan. Oleh karena itu, Anda perlu mencatat dan memonitor siklus menstruasi untuk mengetahui berapa lama satu siklus berlangsung.

2. Menunda orgasme

Orgasme dapat mengurangi keasaman organ intim sehingga disarankan agar wanita menunda orgasme saat berhubungan intim dan membiarkan pihak laki-laki untuk orgasme terlebih dahulu. Orgasme yang dialami oleh perempuan memicu produksi cairan vagina bersifat basa (alkali) yang bisa membantu sperma kromosom-Y bertahan hidup lebih lama dengan menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi sperma anak perempuan.

Orgasme wanita juga memudahkan gerak sperma menuju serviks. Jadi, ini sama saja seperti memfasilitasi sperma anak laki-laki untuk merebut satu-satunya kesempatan pembuahan sel telur.

Tanpa orgasme, cairan vagina akan cenderung bersifat asam, lingkungan yang lebih ramah terhadap sperma anak perempuan dan mematikan keesempatan sperma anak laki untuk lebih dulu mencapai sel telur.

3. Mengatur penetrasi dangkal

Sperma kromosom-X menyukai lingkungan vagina yang cenderung asam. Dengan demikian, ketika berencana untuk berhubungan intim dan menghasilkan anak perempuan, fokuskan penetrasi pada posisi datar dan dangkal, seperti posisi misionaris klasik atau woman on top. Atur penis untuk tidak melakukan penetrasi terlalu dalam.

Selain itu, ejakulasi sperma sebisa mungkin untuk berada dekat dengan pintu masuk vagina. Ini akan menghambat laju sperma pria dan memberi sperma anak perempuan kesempatan yang lebih baik untuk sampai lebih dulu membuahi telur.

4. Kurangi asupan garam

Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, konsumsi garam berlebihan juga dapat memangkas peluang Anda untuk hamil anak perempuan. Natrium kurang menguntungkan bagi sperma pembawa kromosom X (sperma perempuan).

Oleh karena itu, garam malah akan meningkatkan peluang hamil anak laki-laki daripada anak perempuan. Tak perlu benar-benar berhenti mengonsumsi garam, cukup kurangi kadar garam dalam makanan sehari-hari.

5. Tambah asupan makanan asam

Jika di poin sebelumnya dijelaskan harus mengurangi konsumsi makanan asin, nyatanya Anda perlu memperbanyak asupan makanan asam. Hal itu akan mengubah tingkat pH tubuh Anda dalam beberapa minggu. Minta juga suami Anda untuk menerapkan pola maan yang sama untuk semakin meningkatkan peluang hamil anak perempuan.

6. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C nyatanya juga mampu meningkatkan peluang untuk bisa cepat hamil anak perempuan. Meskipun demikian, Anda disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin C alami dari buah dan sayuran. Mulai sekarang, pilihlah buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, seperti jambu merah dan jeruk.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Selain menambah konsumsi makanan asam, Anda juga perlu memperbanyak asupan magnesium dan kalsium. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah brokoli, kacang-kacangan, sereal, alpukat, sarden, dan susu.

Perlu Anda ketahui bahwa makanan-makanan tersebut juga mengandung asam folat yang tinggi. Tentunya ini sangat bagus untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat dan juga menjaga kandungan.

8. Hindari Makanan Mengandung Alkali

Perlu Anda ketahu bahwa makanan yang mengandung alkali akan membuat pH vagina menjadi bersifat basa. Jika hal ini terjadi, maka sel kromosom X akan lebih kalah dari sel kromosom Y, sehingga kemungkinan hamil anak perempuan bisa berkurang.

Apa saja sih makanan yang mengandung alkali? Beberapa di antaranya adalah pisang, kurma, kismis, dan aprikot. Hindari dulu buah-buahan tersebut selama program hamil anak perempuan, ya!

9. Berendam air hangat

Sperma perempuan lebih bisa mentolerir lingkungan yang hangat dan suhu yang lebih tinggi dibanding sperma laki-laki. Oleh karena itu, sebelum berhubungan intim cobalah untuk mandi atau berendam air hangat.

Namun, lingkungan yang terlalu panas justru bisa melemahkan sperma, baik yang membawa kromosom X maupun yang membawa kromosom Y, sehingga akan mengurangi peluang Anda untuk bisa hamil sama sekali.

Itu dia beberapa cara cepat hamil anak perempuan yang bisa dengan mudah Anda terapkan. Selamat mencoba!