Cara Mencegah Penyakit Psoriasis

DokterSehat.Com – Psoriasis merupakan kondisi kulit yang kronis dan disertai dengan bersisik putih, dan kemerah-merahan. Penyakit yang satu ini tidak menular karena hanya berdampak pada kulit saat sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengann baik.

10

Pada umumnya psoriasis akan menyerang pada bagian tubuh seperti kaki, tangan, siku, lutut, punggung dan kulit kepala. Psoriasis sendiri terdapat 5 jenis, yaitu guttate, plak, terbalik, eritroderma dan berjerawat. Plak tersebut yang paling dialami oleh orang-orang.

Ciri-ciri plak psoriasis adanya benjolan merah yang tertutupi oleh sel kulit mati berwarna putih. Orang yang cenderung terkena penyakit ini adalah penderita penyakit jantung, depresi dan diabetes.

Untuk menyembuhkan penyakit psoriasis ini dapat dilakukan dengan beberapa cara alami berikut ini :

  • Lidah buaya
    Lidah buaya dapat mengurangi luka dengan memberi sensasi dingin pada kulit yang terbakar. Anda bisa menggunakan krim berbahan dasar lidah buaya untuk menyembuhkan penyakit psoriasis.
  • Garam laut mati
    Mandi sangat diperlukan bagi penderita psoriasis. Namun yang harus Anda ingat adalah saat mandi, selalu gunakan air hangat kuku. Selain itu, hindari menggosoknya dengan handuk, cukup ditepuk-tepuk saja.
  • Minyak ikan
    Minyak ikan bisa menyembuhkan penyakit psoriasis. Jadi, mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang terdiri dari 1,8 hingga 3,6 gram eicosapentaenoic acid (EPA) dapat mengatasi psoriasis pada kulit. Selain diminum, minyak ikan juga bisa dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi.
  • Pelembab
    Anda bisa menggunakan pelembab untuk mencegah gangguan kulit seperti kulit kering, gatal, dan merah. Kulit kering memicu rasa gatal dan jika digaruk akan menyebabkan infeksi sehingga menciptakan psoriasis.